Berwisata merupakan suatu kegiatan yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari dan setiap orang memiliki tempat wisata pilihan masing-masing. Beberapa orang menyukai berwisata ke pantai, berwisata alam, berwisata mengunjungi tempat bersejarah atau ke tempat wisata buatan. Selain itu, sebagian orang berwisata karena memiliki kegemaran berpetualang mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi atau masih baru. Permasalahan penelitian ini adalah dalam melakukan penjadwalan wisata yang ingin di kunjungi di Kabupaten Nganjuk wisatawan masih mengalami kesulitan di karenakan masih kurangnya informasi tempat dan rute.
Metode yang digunakan adalah best first search, dimana tempat wisata dengan tujuan yang sama akan dibandingkan untuk menemukan tempat wisata dengan rute terpendek berdasarkan lokasi awal dan lokasi tujuan pengguna untuk mempermudah dalam melakukan penjadwalan wisata, terutama wisatawan dari luar kota maupun luar provinsi yang akan berkunjung ke Kabupaten Nganjuk.
Hasil pengujian sistem disimpulkan bahwa dari kuisoner yang disebarkan pada 10 responden didapatkan hasil 39,2 dengan rata-rata wisatawan setuju dengan aplikasi ini. Diharapkan pengguna dapat lebih mudah menemukan rute dan objek wisata apa saja yang berada di Kabupaten Nganjuk.
Adipranata, Rudy. dkk, 2007. Aplikasi Penentuan Rute Optimum Pada Peta Guna Meningkatkan Efisiensi Waktu Tempuh Pengguna Jalan Dengan Metode A*Dan Best First Search. Jurnal informatika, November 2007, Vol 8 No. 2:100-108
Apriandi, Rian. 2018. Penerapan Metode Best First Search (Bfs) Untuk Pencarian Lokasi Spbu Terdekat Menggunakan Arduino Berbasis Android. Jurnal Coding, Sistem Komputer Untan Volume 06, No.1 (2018) Hal. 1-11
Dewi, Luh Joni Erawati. 2010. Pencarian Rute Terpendek Tempat Wisata Di Bali Dengan Menggunakan Algoritma Djikstra. Yogyakarta. Seminar naisonal aplikasi teknologi informasi 2010
Rahmad, Romi Fadilah. 2014. Permiana pergeseran angkas bentuk bintang menggunakan algoritma best first search
https://www.researchgate.net/publication/305501274
Kusumadewi Sri. 2003. Artificial
Intelligence, Cetakan Pertama. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Muslimin, ikhwanul. 2016. Penerapan Algoritma reedy Best First Search untuk Menyelesaikan Permainan Chroma Test : Brain Challenge. Makalah IF2211, strategi Algoritma 2016
Kusumadewi, S. 2003. Artificial Intelligence. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Fredi, S.P. dan Anggraini Mulwinda, 2010. Studi Komparatif Penentuan Rute Jalur Terpendek. Jurnal Kompetensi Teknik. Vol. 2. No. 1. November 2010
Konsep Geografi dan Contohnya Menurut Para Ahli:
https://www.zonareferensi.com/konsep-geografi