FORECAST MENGGUNAKAN EXPONENTIAL SMOOTHING PADA PENJUALAN JENIS MEUBEL DI UD. KARYA JATI


Author (Penulis)

NANDA WIBI SAPUTRA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.02.0194

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi karena Pemilik perusahaan mebel UD.Karya Jati sering mengalami masalah saat meramalkan penjualan meubelnyaPada bulan Juli 2018 berketepatan pada hari raya banyak konsumen yang mencari mebel jenis kursi dan meja ruang tamu sedangkan perusahaan menyediakan  barang tersebut dengan jumlah sedikit. Hal ini akan membuat perusahaan akan menghadapi kehabisan persediaan, sehingga perlanggan terpaksa menunggu terlalu lama untuk produk yang diinginkan.

Penelitian ini menggunakan algortima Exponential Smoothing untuk melakukan peramalan pada bulan berikutnya. Dalam metode Exponential Smoothing dibagi 3 yaitu Single, Double dan Triple. Yang dipakai dalam penelitian ini ada Triple Exponential Smoothing. Yang bertugas menghandel semua sistem yang berhubungan dengan penjualan adalah kasir. Proses awal kasir menginputkan data produk dan data penjualan bulan sebelumnya, kemudian dapat dilakukan proses peramalan.

Dari hasil penelitian peramalan menggunakan Triple Exponential Smoothing didapatkan nilai peramalan penjualan jenis meubel beserta nilai error dengan perhitungan MAPE. Kesimpulan dari penilaian interpretasi responden terhadap Aplikasi Forecast pada Penjualan Jenis Meubel didapatkan presentase hasil kuisioner yaitu 85,3% (Kategori sangat baik), dengan adanya sistem ini dapat membantu UD. Karya Jati untuk meramalkan penjualan jenis meubel pada bulan berikutnya.

.

 

KATA KUNCI  : Forecast (Peramalan), Meubel, Exponential Smoothing


Keyword

forecast, exponential smoothing

Reference

Makridakis, S. 1999. Metode dan Aplikasi Peramalan Edisi Kedua Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Baryl, Marizar. 2005. “Meubel “. Pustaka Media. Jakarta.

Iqbal M,dkk 2016, "Sistem Peramalan Menggunakan Metode Triple Exponential Smoothing Untuk Stok Bahan Spare Part Motor Di Garuda Motor Jajag,".


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade