PENENTUAN HARI PROMO PADA LOJI RESTO & CAFE MENGGUNAKAN AGGLOMERATIVE HIERARCHICAL CLUSTERING


Author (Penulis)

SONIA GORETTY
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.02.0188

Abstract

Loji Resto & Café merupakan bisnis dalam dunia kuliner dimana dalam persaingannya sangatlah ketat. Jika perusahaan tidak mampu menjawab tantanga zaman, maka dipastikan akan tersingkir. Banyak usaha atau bisnis kuliner terutama resto yang bermunculan berdampak pada omset penjualan yang berkurang pada Loji Resto & Cafe serta berkurangnya pelanggan, jadi tidak bisa dipastikan pelanggan pada resto ini ramai atau sepi. Dalam mengatur strategi selama ini, resto masih membuat promo hari dengan cara manual atau mengira-ngira hari apa yang pantas atau yang baik untuk mempromokan makanan dan minuman apa yang akan di promokan dan belum adanya sistem yang terkomputerisasi untuk menentukan hari promo. Maka peneliti membuat sistem aplikasi penentuan hari promo dalam satu bulan

Penelitian ini menggunakan Metode Agglomerative Hirarchical Clustering dengan perhitungan Average Linkage yang mendukung dalam memberikan sebuah rekomendasi dimana hari yang paling sepi dijadikan hari promo untuk menarik pelanggan.

Dalam penerapannya sistem ini menggunakan penerapan Data mining dengan memanfaatkan penjualan makanan dan minuman perhari dalam satu bulan yang nantinya dihitung jaraknya menggunakan Euclidean Distance kemudian dikelompokkan dari yang sepi, sedang dan laris menggunakan metode Agglomerative Hirarchical Clustering dengan perhitungan Average Linkage .

 Hasil dari perhitungan data penjualan makanan dan minuman tersebut didapat dari kelompok paling sepi yang telah di cluster dan hasilnya di terapkan pada bulan berikutnya yang nantinya ada perubahan. Kalau ada perubahan berarti penjualan pada bulan berikutnya ada peningkatan.


Keyword

a

Reference

Desmira dkk. 2015, Perancangan Aplikasi pembelajaran Rumusan Matematika matriks dan trigonometri berbasis android. Tersedia http://www.schoolar.google.com , diunduh 26 Januari 2018

 

Indrajana, S.Kom, M.M. 2011. Bedah Kilat Pengantar dan Sistem basis Data(Online).Tersedia http://book.google.co.id diakses 20 September 2017

 

Jogiyanto, H.M. 2005. Analisis dan Desain Informasi. Yogyakarta : Andi Edisi 3.

Tersedia http://www.schoolar.google.com , diunduh 22 Januari 2018

 

Kotle, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Prehallindo.

            Jakarta.

 

Kurniawan, A. A. 2017. Implementasi Algoritma Agglomerative Hierarchical Clustering Untuk Mengelompokkan Capaian Belajar Siswa SD. (Online), tersedia: https://repository.usd.ac.id, diunduh 30 November 2017.

 

Luthfi, Emha Taufiq,Kusrini,  Algoritma Data Mining, 1st ed.: Andi, 2009.

Lupiyoadi,Rambat.2001. Manajemen Pemasaran Jasa, Teori dan Praktek, Edisi Pertama.  Jakarta :Salemba empat.

 

Marthasari, Gita Indah. 2016. Analisis data Pendidikan Menggunakan PendekatanData Mining. Jurnal Simantec,(online),15.04 Vol.5.No.3 Desember 2016. Tersedia: http://www.umm.ac.id ,diunduh 14 April 2018

 

Munawar. 2005. Pemodelan Visual dengan UML. Yogyakarta: Graha Ilmu.

 

Prasetya, E (2012), Data mining konsep dan Aplikasi menggunakan Matlab. Yogyakarta; Andi.

 

Tahta Alfina, (Eds). 2013. Data Mining.

 

Tan,P.et al.2006. Introduction to Data Mining.Boston:Pearson Education.


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI