DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS UNTUK MENENTUKAN STRATEGI PROMOSI DI SMK INTENSIF BAITUSSALAM TANJUNGANOM NGANJUK


Author (Penulis)

MOCHAMMAD CHOIRUL ANAM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.02.0182

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi karena SMK Intensif Baituaasalam setiap tahun selalu melakuakan Peneriman Peserta Didik Baru, sehinga penumpukan data yang terus menerus mengakibatkan melimpahnya informasi, salah satunya yang dapat digunakan adalah mentukan strategi promosi sekolah dengan mentukan titik sasaran yang tepat untuk promosi sekolah untuk peningkatan peserta didik di tahun pelajaran berikutnya.

Permasalahan penelitian ini adalah belum adanya aplikasi yang digunakan untuk  menentukan Sekolah yang tepat untuk promosi beserta persebaran sekolah asal berdasarkan data siswa baru tahun 2016/2017 sesuai dengan indeks nama siswa, kompetensi keahlian, asal sekolah dan jarak sekolah serta sasaran sekolah yang tepat untuk cluster yang terbentuk dengan menggunakan metode Data Mining dengan algoritma K-Means. Penelitian ini mengunakan Algoritma  K-Means yang mana dapat digunakan untuk membagi sejumlah objek ke dalam partisi-partisi berdasarkan kategori-kategori yang ada dengan melihat titik tengah yang diberikan. Cluster objek dilihat dari jarak objek dengan titik tengah yang paling dekat. Setelah mengetahui titik tengah terdekat, objek tersebut akan diklasifikasikan sebagai anggota dari kategori tersebut. Serta mengunakan bahasa pemrograman Java Netbean yang mana mudah untuk pengimplementasi dari koding-koding atau interface yang dibutuhkan.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) melalui aplikasi penentuan promosi sekolah ini memudahkan admin atau pihak sekolah untuk menentukan strategi promosi sekolah berdsarkan sekolah asal kompetensi keahlian dan jarak sekolah. (2) hasil dari cluster yang terbentuk komepetensi keahlian yang di minati adalah Teknik Kendaraan Ringan dan Teknik Komputer & Jaringan dengan sasaran sekolah adalah MTsN Tanjunganom, SMPN 2 Tnjunganom, SMPN 1 Ngronggot. (3) Dengan mengirim tim admisi SMK Intensif Baitussalam yang sesuai dengan program studi yang paling banyak diminati dan melakukan promosi berdasarkan Jarak sekolah dengan melakukan penyelarasan menggunakan promotion mix dan dengan melihat rata-rata jarak SMK dengan sekolah asal pada setiap cluster

 

KATA KUNCI  : Asal Sekolah, Kompetensi Keahlian, Jarak Sekolah , K-means clustering, strategi promosi SMK Intensif Baitussalam


Keyword

a

Reference

Handoyo, Rendy. Perbandingan Metode Clustering Menggunakan Metode Single Linkage Dan K - Means Pada Pengelompokan Dokumen Oktober 2014

Kotler Philip, Manajemen Pemasaran: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Prenhallindo, Ed. Jakarta, 2014.


PUBLISHED

2018-08-10

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI