tata cara wudhu menggunakan teknologi augmented reality


Author (Penulis)

RENDY SUNDHAWA SAPUTRA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.02.0177

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa sistem pembelajaran wudhu biasanya dilakukan oleh orang tua secara berulang-ulang dan dengan mencontohkannya dalam kehidupan sehari-hari anak, sehingga anak menjadi terbiasa. Namun pada kenyataannya, banyak orang tua yang kurang mengajarkan wudhu kepada anak-anaknya sebagai pembiasaan dirumah. Maka dari itu dibutuhkan sebuah teknik pembelajaran yang sesuai dan menarik, agar anak dapat terampil wudhu dengan tertib.

Permasalahan penelitian ini yaitu bagaimana merancang system yang dapat mengubah citra 2D menggunakan marker foto gerakan wudhu menjadi citra 3D menggunakan Augmented Reality pada buku ARBook Belajar Gerakan Wudhu 3D sebagai media pembelajaran yang baru, menarik dan interaktif untuk anak usia dini?

Salah satu metode Augmented Reality adalah menggunakan metode Markerless Augmented Reality, dengan metode ini pengguna tidak perlu menggunakan sebuah marker (penanda) untuk menampilkan elemen-elemen digital.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah dengan adanya Aplikasi AR Belajar Gerakan Wudhu 3D ini dapat membantu anak usia dini untuk mengetahui gerakan animasi wudhu secara informatif, menarik dan unik. Aplikasi ini dapat berjalan dengan menggunakan minimum sistem operasi Android 4.4 Kitkat hingga versi Android 7.0 Nougat. Aplikasi AR dapat berjalan dengan menggunakan minimum RAM 1,5 Gb dan berjalan lancar dengan spesifikasi RAM 2 Gb keatas dengan kapasitas penyimpanan (storage) internal tersisa masih banyak. Dari hasil pengujian aplikasi AR pada ARbook dengan background kuning menunjukkan obyek 3D lebih mudah muncul dibanding ARbook dengan background putih. Pengujian juga dilakukan terhadap siswa PAUD Mutiara Hati untuk menilai keefektifan aplikasi sebagai media pembelajaran. Dari hasil pengujian, 100% siswa merasa senang dan bersemangat belajar berwudhu dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi AR wudhu ini. peningkatan nilai pemahaman wudhu pada anak.

                                                                                        

KATA KUNCI  : AUGMENTED REALITY, ANDROID, WUDHU


Keyword

wudhu,augmented reality,buku,android

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Akbar, Sa’dun dan Hadi Sriwiyana. 2010. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Yogyakarta: Cipta Media.

Arsyad. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Ayyub, Hasan.2003. Fikih Ibadah. Jakarta: Pustaka Al-Kausar.

Hanief, Shofwan dan I Made Nesa Masurya. 2014. “Augmented Reality Pengenalan Busana Pernikahan Adat Bali Berbasis Multimedia” Jurnal Sistem dan Informatika, (Online), 9 (1): 52-62, tersedia: http://jsi.stikom-bali.ac.id, diunduh 15 Mei 2017.

Jazillah, Nur. 2016. “Aplikasi Berbasis Augmented Reality Pada Buku Panduan Wudhu Untuk Anak. ” Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade