APLIKASI PEMILAH LAPORAN MASYARAKAT MENGGUNAKAN SOM


Author (Penulis)

MAULANA RIZKI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.02.0172

Abstract

ABSTRAK

Radio merupakan siaran (pengiriman) suara atau bunyi melalui udara, Namun dalam persepsi masyarakat berdasarkan fungsinya adalah media komunikasi yang memberikan informasi yang memiliki banyak kelebihan. Dalam proses mendapatkan informasi radio mendapatkan data dan infomasi dari beberapa sumber. Namun tak semua informasi yang masuk layak untuk langsung di publikasi, ada prosedur-prosedur yang harus dilewati seperti halnya informasi yang masuk harus dipilah dulu dan setelah layak menjadi berita baru bisa dipublikasi melalui siaran langsung radio atau media-media informasi lainnya yang dimiliki radio. Hal ini juga sering menjadi permasalahan, maka dari itu peneliti membuat aplikasi pemilah laporan masyarakat sebagai cara untuk membantu dalam salah satu prosedur yang digunakan.

Penelitian ini menggunakan Metode Self Organizing Maps dan Text Mining, tujuan aplikasi adalah memilah data laporan dari masyarakat secara spesifik dengan tujuan 5 dinas pemerintahan di kota Kediri. Yaitu Dinas Pendidikan, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kesehatan, Dinas Catatan Sipil, Dinas Pariwisata.

Dalam penerapannya aplikasi ini mengolah data laporan masyarakat yang didapatkan dari berbagai media yang dimiliki oleh radio Andika FM. Data mentah yang diproses berupa data text yang tak terstruktur, sehingga perlu menggunakan metode Text Mining sebelum di pilah menggunakan metode Self Organizing Maps. Hasil berupa pelabelan tujuan laporan ke 5 dinas pemerintahan di Kota Kediri yang dikelola oleh radio Andika FM.

 

KATA KUNCI  : Pemilah, Laporan, Text Mining, Self Oragnizing Maps

 


Keyword

aplikasi, laporan, web, text mining, self organizing maps

Reference

Han, J., Kamber. 2006. M., Data Mining Concept and Technique,  2nd Ed, Elsevier.

 

Kadir, Abdul. 2008. Tuntunan Praktis: Belajar Database Menggunakan MySQL. Yogyakarta: Andi.

 

Kurniawan, Bambang., Effendi, Syahril dan Sitompul, Salim. 2012. Klasifikasi Konten Berita Dengan Metode Text Mining. Sumatra Utara. Jurnal Dunia Teknologi Informasi. (online). 1(1) : 14-19. Tersedia : http://www.jurnal.usu.ac.id. 04 Januari 2018.

 

Munawar. 2005. Pemodelan Visual dengan UML. Yogyakarta: Graha Ilmu.

 

Prialanti, Kestrilia. dan Wijaya, Hendra. 2014. Aplikasi Text Mining untuk Automasi Penentuan Tren Topik Skripsi dengan Metode K-Means Clustering. Yogyakarta. Jurnal CYBERMATIKA. (online). 1(1) : 1-6 . Tersedia : http://www.cybermatika.stie.itb.ac.id. 04 Januari 2018.

 

Sunaryo, Sandy., Handojo, Andreas., dan A, Justinus. 2013. Pembuatan Aplikasi Wisata Sejarah Pertempuran Surabaya 1945 Berbasis Android. Makasar. Jurnal INFRA. (online). 1(2) : 137-152. Tersedia : http:// publication.petra.ac.id . 04 November 2018.

 

Sutojo, T., dan kawan-kawan.  2011. Kecerdasan Buatan. Yogyakarta. Andi Yogyakarta..

 

Zaini, Akhmad., Muslim, M dan Wijono. 2017. Pengelompokan Artikel Berbahasa Indonesia Berdasarkan Struktur Laten Menggunakan Pendekatan  Self Organizing Map. Yogyakarta. Jurnal Nasional Teknik Elektro dan Teknologi Informasi. (online). 1(1) : 259-267. Tersedia : http://www.ejnteti.jteti.ugm.ac.id. 04 Januari 2018.


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade