Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerima Raskin Menggunakan Metode AHP dan Weighted Product di Desa Sidomulyo Pule Trenggalek


Author (Penulis)

INDAR PUSPITA RAHAYU
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.02.0168

Abstract

Pendistribusian beras untuk keluarga miskin atau Raskin merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengurangi beban pengeluaran keluarga yang kurang mampu. Ketahanan pangan dan kesejahteraan keluarga miskin akan terjamin jika dalam pembagian bantuan dari pemerintah sesuai prosedur dan tepat sasaran.

Permasalahan penelitian ini adalah tentang cara membuat sistem sebagai penunjang kinerja dalam penentuan bobot kriteria dan subkriteria menggunakan metode AHP dan cara membuat sistem sebagai penentuan perangkingan berdasarkan nilai Vektor V yang diperoleh menggunakan metode Weighted Product dalam penentuan penerima raskin di Desa Sidomulyo Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek.

Metode yang digunakan untuk menentukan bobot kriteria dan subkriteria yaitu metode AHP yang berdasakan perhitungan matrik perbandingan dan metode yang digunakan untuk menentukan perangkingan alternatif yaitu metode Weighted Product yang dapat ditentukan dari nilai Vektor V.

Hasil dari penelitian ini adalah sistem ini dapat menentukan nilai bobot kriteria dan subkriteria berdasarkan perhitungan matrik perbandingan menggunakan metode AHP. Sistem ini juga dapat menentukan penerima raskin berdasarkan nilai perangkingan yang diperoleh dari nilai Vektor V menggunakan metode Weighted Product. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, disarankan agar dalam pembuatan sistem pendukung keputusan penentuan penerima raskin menggunakan metode AHP dan Weighted Product dikembangkan lagi dengan menambah kriteria atau menggunakan metode lain yang lebih baik lagi.

 

KATA KUNCI  :  AHP, Raskin, Sistem Pendukung Keputusan, Weighted Product


Keyword

AHP, Raskin, Sistem Pendukung Keputusan, Weighted Product

Reference

Aprudi, S. 2016. Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Penerima Beras Untuk Keluarga Miskin (Raskin) Pada Kelurahan Tanah Periuk Kecamatan Lubuklinggau Selatan Ii Kota Lubuklinggau Menggunakan Metode Analithycal Hirarchy Process (AHP). JTI. 8 (1). (Online), tersedia: http//www.muralinggau.ac.id, diunduh 12 November 2017.

 

Handayani, M. 2017. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penerimaan Raskin Di Menggunakan Metode Topsis. Jurnal Teknologi Informasi, 1 (1). (Online), tersedia: http//www.una.ac.id, diunduh 10 November 2017

 

Kusumadewi, Sri, 2006, “metode Analytical Hierarchy Process AHP (Metode AHP)”, Yogyakarta: Graha Ilmu..

Kusumadewi, S. dan Hartati, S. 2006. Fuzzy Multi Attribute Decision Making (Fuzzy-MADM), Graha Ilmu, Yogyakarta.

 

Saaty, T.L.1988. Multicriteria Decision Making : The Analytic Hierarchy Process. University of Pittsburgh, RWS Publication, Pittsburgh.

 

Suryeni, E., Agustin, Y. H. & Nurfitria, Y. 2015. Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Penerimaan Bantuan Beras Miskin Dengan Metode Weighted Product Di Kelurahan Karikil Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya. Konferensi Nasional Sistem & Informatika, (Online), tersedia: http://www.stikom-bali.ac.id, diunduh 11 Oktober 2017.


PUBLISHED

2019-02-13

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade