ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pemngamatan peneliti, bahwa menentukan peserta bimbingan belajar yang masih manual, menyulitkan pihak sekolah. Peran pihak sekolah saat ini kurang akurat dalam pengambilan keputusan mengenai perhitungan rekam jejak nilai siswa, sehingga diperlukan sistem yang dapat mengambil keputusan secara akurat.
Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana menerapkan Metode Perceptron untuk menentukan peserta bimbingan belajar berdasarkan rekam jejak nilai.
Penelitian ini menggunakan Metode Perceptron dengan objek penelitian rekam jejak nilai kelas 9 MTs. Al Huda Gondang. Rekam jejak nilai yang diinputkan akan dibandingkan dengan nilai selanjutnya, kemudian hasil perbandingan akan diklasifikasi dengan Metode Perceptron untuk mengetahui status siswa mendapat bimbingan belajar apabila nilai di bawah KKM atau tidak mendapatkan bimbingan belajar apabila nilai di atas KKM.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah Metode Perceptron merupakan metode klasifikasi yang dapat digunakan untuk menentukan calon peserta bimbingan belajar dengan menggunakan variabel data input rekam jejak nilai mulai nilai kelas 7 semster 1 sampai nilai kelas 9 semester 1.
KATA KUNCI : Bimbingan Belajar, Metode Perceptron, JST Perceptron, hasil belajar
DAFTAR PUSTAKA
Andi Mappiare, 1993. Pengantar Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Surabaya: Usaha Nasional.
Bramer, M. 2007. Principles of Data Mining. London: Springer.
Darmawan, Erico H. 2014. Pemrograman Berorientasi Objek C# Yang Susah Jadi Mudah. Bandung:Informatika Bandung.
Han, J., Kamber, M., & Pei, J. 2012. Data Mining: Concepts and Techniques Third Edition. Waltham: Morgan Kaufmann.
Larose, D. T. 2005. Discovering Knowledge in Data: An Introduction to Data Mining. New Jersey: John Willey and Sons, Inc.
Nunik Purwaningsih. 2016. Penerapan Multilayer Perceptron Untuk Klasifikasi Jenis Kulit Sapi Tersamak. Jurnal TEKNOIF, 4(1), Tersedia : https://ejournal.itp.ac.id/index.php/tinformatika/article/view/510/403 diunduh tanggal 05 Februari 2018
Prabawati, T.A. (Ed). 2011. Microsoft Visual C# 2010. Yogyakarta:C.V Andi Offset.
Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Padang : Universitas Negeri Padang.
Septy, Y. A. 2017. Aplikasi Penentu Peserta Bimbingan Belajar Dengan Metode Bayesian Classification Pada MI Al-Ittihad Tanjungkalang. Skripsi. Kediri. Fakultas Teknik. Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukamto, Rosa A., Salahuddin, M. 2016. Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur Dan Berorientasi Objek. Bandung. Informatika.
W.S.Winkel. 1997. Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.