PENERAPAN DATA MINING UNTUK PENJUALAN PRODUK MATERIAL BANGUNAN DI PT. KARTIKA STEEL DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS


Author (Penulis)

GALANG PERDANA PUTRA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.02.0159

Abstract

            ABSTRAK

 

Galang Perdana Putra:MenerapkanData Mining Untuk Penjualan Produk Material Bangunan Di PT. KARTIKA STEEL Dengan Menggunaka Algoritma K-Means, Teknik Informatika, Universitas Nusantara PGRI Kediri 2019.

            PT. Kartika Steel, yang beralamat di Jl. Mauni No 97 Bangsal Kec.Pesantren Kota Kediri merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang distribusi material bangunan.Tidak hanya PT.  Kartika Steel, banyak perusahaan lain yang bergerak dalam bidang yang serupa. Hal itu tentu saja menimbulkan persaingan bisnis antar perusahaan dan diharapkan untukmelakukan inovasi dan jika mungkin mengembangkan skala bisnis mereka.

            Dalam penelitian ini menjelaskan perencanaan serta pengimplementasian pengelompokan data penjualan untuk mengetahui stok barang.Dengan menggunakan metode Algoritma K-Means sebagai metode dalam mengetahui stok barang. Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana cara menerapkan data mining pada penjualan produk material bangunan di PT. Kartika Steel menggunakan metode Clusteringdengan  proses algoritmaK-Means?Bagaimana merancang sebuah sistem untuk mengetahui penjualan produk material bangunan paling rendah agar perusahaan tidak kesulitan dalam melakukan pencatatan stok barang?

Menerapkan data mining pada penjualan produk material bangunan di PT Kartika Steel menggunakan metode Clustering dengan proses K-Means.Merancang sebuah sistem menggunakan metode K-Means untuk menentukan promosi produk dengan tingkat penjualan paling rendah agar perusahaan tidak kesulitan dalam melakukan pencatatan stok barang.

Sistem berhasil dibuat dengan hasil produk yang terinput 9 data material bangunan, transaksi yang terinput 5 data barang, lalu hasil pengelompokan nya adalah barang dengan penjualan paling rendah adalah atap galvalum dan reng baja ringan. Lalu dengan penjualan sedang kanal c, dan untuk penjualan paling tinggi hollow 4x4.

Kata kunci :Pengelompokan, Website, K-Means.

 


Keyword

Pengelompokan, Website, K-Means

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Arsyad, Al, Deny. 2007. Aplikasi Berbasis Web Jurnal Bahasa Pemrograman di akses pada 12 Desember 2012.

Azzolini J, “Introduction to Systems Engineering Practices”, 2000.

Elly Muningsih, Sri Kiswati. 2015. Penerapan Metode K-Means Untuk Clustering Produk Online Shop Dalam Menentukan Stok Barang. Jurnal Bianglala Informatika,Vol 3 (1): 10-17.

Frengki Prasetyo. 2017. Sistem Rekomendasi Penjualan Hasil Bumi Menggunakan Metode K-Means. Simki-Techsain,Vol. 1 (10): 1-7.

James D, Il-Yeong Song, Ioanna L, “An Analysis of Structural Validity in Entity-Relationship Modeling”,Drexel University College of Information Scienceand Technology, Philadelphia, 2002.

Kadir, Abdul. 2009. Membuat Aplikasi Web dengan PHP+Database MySQL.Yogyakarta : Andi Offset

Kustiyaningsih, Yeni., R.A. Devie. 2011., Pemrograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP & MySQL.Yogyakarta : Graha Ilmu.

Pahlevy, Adam, “MembuatAplikasi Rental Movie dengan Visual basic 6.0”,Jakarta:Elex Media Komputindo, 2010.

Pramudiono, Iko. (2009). Pengantar Data Mining : Menambang Permata diGunung Data, http://ilmukomputer.org/2008/11/25/pengantardata-mining.

Santoso, S. 2010. Statistik Multivariat. Jakarta: Elex Media Komputindo.

SEVOCAB: Software and Systems Engineering Vocabulary, 31 July 2008.

Sutrisno, Afriyudi, Widiyanto. 2013. Penerapan Data Mining Pada Penjualan Menggunakan Metode Clustering. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Ilmu Komputer, Vol. 10 (10): 1-11.

Syaifullah (2010:15), Dalam aplikasinya, data mining sebenarnya merupakan bagian dari proses Knowledge Discovery in Database (KDD)

Tahta Alfina, Budi Santosa, dan Ali Ridho Barakbah. 2012. Analisa Perbandingan Metode Hierarchical Clustering, K-Means dan Gabungan Keduanya Dalam Membentuk Cluster Data. Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Jl. Arief Rachman Hakim, Surabaya 60111.

Teddy Sanjaya. 2013. Penerapan Data Mining Untuk Meningkatkan Penjualan Pupuk Di Pemasaran Pusri Daerah Sumatera Selatan.

 

Jurnal Ilmiah Teknik Informatika Ilmu Komputer, Vol 10 (10): 1-9.

Vena Bestania Guslina.2017. Penerapan Metode Clustering Untuk Mendukung Strategi Penjualan Dan Rekomendasi Menu Di Kafe Kennedy.Simki-Techsain, Vol. 1 (9): 1-8.

Wahana Komputer. 2009. ShortCouse: PHP Progamming. Yogyakarta: Andi

Winarno, Edy, dan Priyo Utomo, 2010. 8 jam menaklukan internet dan membuat website sendiri, Yogyakarta : GARAHILMU.

Windyana, Putri. 2009. Pemrograman Web Dengan PHP. (online). tersedia:https://adhelesmana.files.wordpress.com/pemrograman-web-dengan-php-tugas-3.doc, diunduh 03 Januari 2018

Yoppy Ratna Arianto. 2016. Penerapan Data Mining Pada Penjualan Hardisk Untuk  Optimalisasi Distribusi Menggunakan Metode Clustering. Skripsi.Tidak dipublikasikan. Kediri. Fakultas Teknik-Prodi Teknik Informatika Universitas Nusantara PGRI.


PUBLISHED

2019-02-19

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade