MENENTUKAN PENJUALAN CEPAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE K-MEANS


Author (Penulis)

YENI ARININGTYAS
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.02.0157

Abstract

ABSTRAK

 

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini berpengaruh dalam sektor perdaganggan, pemasaran usaha dan produk usaha saat ini tidak hanya bergantung pada komunikasi langsung melainkan dapat menggunakan media internet dalam pemasarannya sehingga konsumen tidak perlu datang langsung untuk melihat barang  melainkan cukup dengan mencari melalui internet. Perdagangan diatas merupakan teknologi internet atau E-Commerce (Electronic Commerce) Merupakan peluang pasar yang sangat besar bagi perusahaan atau badan usaha yang memiliki keinginan untuk dapat melakukan penjualan produknya secara global. E-Commerce dengan keunggulannya yang kini digemari banyak orang dengan kegiatan membeli atau menjual secara elektronik pada jaringan internet. Dengan fasilitas E-Commerce manusia semakin dimanjakan dengan berbagai kemudahan dalam menjalankan bisnis.

Permasalahn penelitian ini adalah belum adanya sistem dan sulitnya menentukan barang yang akan di jadikan Flash Sale berdasarkan rata-rata penjualan.

Penelitian ini menggunakan metode K-MEANS untuk proses perhitungan data barang, sebelumnya nilai yang telah ditentukan dan dijadikan untuk standart pengklusteran yang nantinya akan dijadikan sebagai centroid perhitungan, kemudian dilakukan normalisasi untuk proses perhitungan selanjutnya. Setelah dilakukan perhitungan dengan hasil centroid awal dan centroid baru diperoleh hasil iterasi terakhir.

 

 

KATA KUNCI  : E-Commerce, Penjualan Cepat, K-Means.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Computational Intelligence and Intelegent Informatics.7(1).(Online)tersedia:(https://scholar.google.co.id) di unduh 24 Desember 2017.

Fadhila.11(2).(Online),tersedia:https://jurnal.unived.ac.id/index.php/jmi/article/view/258/237 diunduh 24 Desember 2017.

Miyamoto, S. & Suizu, D. (2003). Fuzzy C-Means Clustering Using Kernel Functions in Support Vector Machines, Journal of Advanced

Muningasih, E & Kiswati, S. 2015. Penerapan Metode K-Means Untuk Clustering Produk Online Shop Dalam Penentuan Stok Barang. 3 (1). (Online) tersedia: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/Bianglala/article/download/570/461 diunduh 24 Desember 2017.

Sulistyohati, A. & Hidayat, T. (2008). Aplikasi Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ginjal Dengan Metode Dempster-Shafer. 3: (Online), 1907-5022, tersedia: (https://scholar.google.co.id), diunduh 24 Desember 2017.


PUBLISHED

2018-08-16

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 11 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI