PREDIKSI PEENJUALAN JILBAB DI TOKO TRIANA COLLECTION MENGGUNAKAN BACKPROPAGATION


Author (Penulis)

SITI NURJANAH NOVIKA ARLINA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.02.0153

Abstract

Abtrak

 

Siti Nurjanah Novika Arlina : Prediksi Penjualan Jilbab Di Triana Colletion Menggunakan Backpropagation

 

Kata Kunci : Prediksi, Penjualan, Backpropagation

 

            Triana Collection adalah toko yang bergerak di bidang penjualan fashion lebih tepatnya penjualan jilbab. Salah satu aspek strategis toko agar dapat bersaing dalam dunia usaha yaitu perencanaan serta tersedianya barang-barang untuk memenuhi tuntutan pasar. Kesulitan dalam menentukan jumlah penjualan jilbab dihari selanjutnya membuat pihak toko sering kehabisan persediaan jilbab, maka dari  itu perlu adanya aplikasi dalam memprediksi penjualan jilbab di hari selanjutnya.

            Backpropagation merupakan salah satu jenis jaringan syaraf tiruan yang sering digunakan dalam menyelesaikan beberapa permasalah terutama yang berkaitan dengan masalah prediksi.

            Tahap implementasi aplikasi prediksi penjualan jilbab pada Toko Triana Collection adalah admin memasukkan data penjualan jilbab dari bulan Januari hingga Februari 2018, kemudian menambah data atau edit data penjualan setelah itu milih jilbab yang ingin diprediksi penjualannya.

            Kesimpulan dari penelitian ini adalah telah dihasilkan aplikasi prediksi penjualan jilbab dengan metode backpropagation. Dengan hasil prediksi penjualan bulan Maret jilbab instan penjualan antara 4 sampai dengan 120 biji. Jilbab segiempat penjualan bulan Maret antara 27 sampai dengan 89 biji. Jilbab phasmina penjualan bulan Maret antara 11 sampai dengan 89 biji.

 

 

KATA KUNCI  : Prediksi, Penjualan, Backpropagation

 


Keyword

PREDIKSI, BACKPROPAGATION, PENJUALAN

Reference

DAFTAR PUSTAKA

 

A. Wibowo dan I. Waspada (ed). 2016. Ilmu Komputer Studi Kasus dan Aplikasi.

Berutu, Rinta .2017. Implementas iJaringan Syaraf Tiruan Untuk Memprediksi Penjualan Kosmetik Decorative Dengan Metode Backpropogation. Universitas Brawijaya.

Exsanudin. 2015. Implementasi Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation Untuk Estimasi Jumlah Produksi Gula (StudiKasus : PG Djombang Baru). Malang Universitas Maulana Malik Ibrahim.

Ghifari, 2013. Pengertian Hijab, Karakteristik, Fungsi, Manfaat& Hijab.

Kusumadewi, S. 2003. Arfitical Intellegence (Teknik dan Aplikasi). Yogyakarta : Graha Ilmu

Lestari, Dwi Yuyun. 2017. Jaringan Syaraf Tiruan Untuk Prediksi Penjualan Jamur Menggunakan Algoritma Backropagation. Sekolah Teknik Tinggi.

M.Nafarin, Welsch Hilton, Gordon dan M Munawar. 2000.Penganggaran Perusahaan, Perencanaan Kerja, Pengkoordinasian Kerja, Pengawasan Kerja.

Muslim, Aziz Much dan Maulana Irvan Muhamad. 2015.  Sistem Prediksi Tagihan Listrik Usaha Jasa Laundry Menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan  Backpropagation. FMIPA. Universitas Negeri Semarang.

Munawar. 2005. Pemodelan Visual dengan UML. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mizania. 2013.Hijab menurut Al-Qur’an dan Al-Sunnah, Husein Al-Sahab.

Rusli, Ronny A. (ed). 2000. Pengertian Penjualan. Jakarta : Manajemen Pemasaran.

Sinurat, Sinar, Raja Lbn, Nopitasari Pebriana.  2018. Implementasi Metode Backpropagation Untuk Memprediksi Penjualan Furniture Pada Pt. Indah Jaya Medan. Medan.STMIK Budi Darma.

Ronny, A. Rusli dan Hendra. 2000:8. Pengertian Penjualan. Managemen Pemasaran.

Widodo, Wahyu Agus, Cholissodin, Sakinah Putri Nabila. 2018. Prediksi Jumlah Permintaan Koran Menggunakan Metode Jaringan Syaraf Tiruan Backpropagation. Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Zuliarso, H. F. 2012. Rancang Bangun Sistem Perpustakaan untuk Jurnal Elektronik.Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Stikubank.

 

 


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade