Implementasi Data Mining Pada Penjualan Produk Optik Dengan Algoritma Apriori


Author (Penulis)

ANTOK WICAKSONO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.02.0149

Abstract

ABSTRAK

 

Dalam persaingan bisnis kita diharuskan untuk mengetahui sesuatu informasi yang dapat mengembangkan bisnis kita, informasi tersebut dapat kita dapat dari berbagai hal, salah satunya dari riwayat transaksi penjualan. Dengan data mining yang digunakan untuk penggalian data yang dapat diolah menjadi sebuah informasi yang dapat digunakan untuk strategi promosi, Strategi promosi yang efektif dapat meningkatkan angka penjualan.Dalam hal ini kita dapat melakukan mining data riwayat transaksi penjualan kita. Algoritma Apriori dapat digunakan untuk untuk mengetahui presentase kombinasi item yang dapat kita gunakan untuk acuan penentuan paket barang yang akan dijual yang nantinya dapat kita gunakan untuk strategi promosi.

 

 

KATA KUNCI  : Algoritma Apriori, Data Mining, Market Basket Analysis,  Strategi Promosi,.


Keyword

Data Mining, Algoritma Apriori, Promosi

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Abdul Kadir. 2013. Pengertian MySQL. Yogyakarta: Mediakom.

Al-Bahra Bin Ladjamudin. 2013. Analisis dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Anas, Azwar. 2016. Analisis Algoritma Apriori Untuk Mendapatkan Pola Peminjaman Buku Perpustakaan SMPN 3 Batanghari. Jurnal Ilmiah Media SISFO: 282 – 295.

Arief M Rudianto. 2011. Pemrograman Web Dinamis menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta: C.V ANDI OFFSET.

Buana, I komang setia. 2014.Jago Pemrodraman PHP. Jakarta: Dunia Komputer.

Community, eWolf. 2012. Indeks Lengkap Syntax/eWolf Community. Yogyakarta: MediaKom.

Fajri, Ahmad Fikhri. 2016. Implementasi Algoritma Apriori Dalam Menentukan Program Studi Yang Diambil Mahasiswa. Jurnal IPTEKS Terapan: 81 – 85

Gunadi. dan Sensuse. 2012. Penerapan Metode Data Mining Market Basket Analysis terhadap Data Penjualan Produk Buku dengan menggunakan Algoritma Apriori dan Frequent Pattern Growth (FP-Growth) : Studi Kasus Percetakan PT Gramedia. (Online) tersedia: Jurnal Telematika MKOM, Vol. 4, No. 1, Maret 2012.pdf diunduh 25 November 2017

Han, J., & Kamber, M. 2006. Data Mining: Concept and Techniques. San Fransisco: Morgan Kaufman.

Hanif Al Fatta. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Kusrini, luthfi taufiq Emha. 2009. Algoritma Data mining. Yogyakarta: Andi Offset.

Kustiahningsih, Yeni. 2010. Pemograman Basis Data Berbasis Web Menggunakan PHP & MySQL. Bangkalan: Graha Ilmu.

Larose, Daniel. 2005. Discovering knowledge in data. Wiley.

Nafi’iyah, Nur dan Wardhani, Retno. 2017. Analisa Pola Transaksi Penjualan Ikan Di Tpi Brondong Lamongan. Jurnal Spirit: 14 – 17.

Pramudiono, I. 2007. Pengantar Data Mining: Menambang Permata Pengetahuan di Gunung Data.(Online). Tersedia: http://www.ilmukomputer.org/wp content/uploads/2006/08/iko datamining, diunduh 20 Desember 2017.

Putra. 2012. Membangun Ecommerce Dengan Php Msql.(Online). Tersedia: http://www.candra.web.id/2012/04/09/ebook-membangun-ecommerce dengan- php-mysql, diunduh 10 juli 2018.

Santoso, Budi. 2007. Teknik Pemanfaatan Data Untuk Keperluan Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sari, Novita Eka. 2013. Analisa Algoritma Apriori Untuk Menentukan Merek Pakaian Yang Paling Diminati Pada Mode Fashion Group Medan. Jurnal Informatika Budi Darma: 35 – 39.

Subagyo, Ahmad. 2010. Marketing in Business. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Turban, E., dkk. 2005. Decision Support Systems and Intelligent Systems.Yogyakarta: Andi Offset.

Veronica S. Moertini, 2002. Data Mining Sebagai Solusi Bisnis


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade