SISTEM PENENTUAN CALON PENERIMA BANTUAN SISWA MISKIN (BSM) MENGGUNAKAN METODE DATABASE FUZZY UMANO


Author (Penulis)

NOPITA SARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.02.0146

Abstract

ABSTRAK

 

Nopita Sari : Sistem Penentuan Calon Penerima Bantuan Siswa Miskin (BSM) Menggunakan Metode Database Fuzzy Umano, Skripsi, Teknik Informatika, FT UN PGRI Kediri, 2018.

 

            Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa dalam menentukan siswa yang mendapatkan bantuan (BSM) masih terdapat banyak kendala seperti belum adanya sistem, pada akhirnya banyak sasaran yang tidak tepat dalam menentukan siswa yang berhak menerima  Bantuan Siswa Miskin(BSM).

            Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana menerapkan fuzzy umano untuk menentukan penerima bantuan (BSM).

            Penelitian ini menggunakan metode Database Fuzzy Umano. Dimana cara kerja metode ini yaitu dengan menginputkan terlebih dahulu data siswa beserta kriteria siswa lalu menghitung nilai dari kriteria yang sudah ditentukan, setelah diketahui nilai tersebut maka selanjutnya akan di proses dengan memasukkan lagi data siswa beserta kriteria lalu di seleksi berdasarkan rule yang telah ditentukan maka akan mendapatkan hasil daftar siswa yang layak dan tidak layak mendapatkan Bantuan Siswa Miskin (BSM) .

            Kesimpulan hasil penelitian ini adalah telah berhasil dibuat suatu sistem untuk menentukan calon penerima bantuan siswa miskin. Informasi yang dihasilkan yaitu dapat langsung diketahui urutan siswa yang mendapatkan bantuan dan diharapkan sistem ini dapat digunakan secara optimal.

 

 

KATA KUNCI  : fuzzy database, umano, bantuan siswa miskin (bsm).


Keyword

FUZZY DATABASE, UMANO, BANTUAN SISWA MISKIN (BSM)

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Francis, T.R, Sari, R.P & Wibowo, A.U.A. 2013. Aplikasi Pemilihan Lokasi Hunian Dengan Database Fuzzy, 2 (1). (Online). Tersedia : http://scholar.google.co.id, diunduh 11 Desember 2017.

Fatta, H.A. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern.Yogyakarta : Andi Offset.

Haqi, B. 2017.  Membuat Aplikasi Antrean Dengan Java Netbeans Dan Database MySQL. Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Kusumadewi, S. & Purnomo, H. 2010.  Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung   Keputusan. Yogyakarta : Graha Ilmu.

 

Manda, O.H., Johar, A. & Ernawati. 2016. Implementasi Fuzzy Query Database Untuk Pengelolaan Data Obat, 1(4). (Online). Tersedia : http://scholar.google.co.id, diunduh 14 April .2018

Nimas. 2016. Pengertian Dan Contoh Data Flow Diagram (DFD) atau Diagram Alir Data (DAD). (Online). Tersedia : http:// www.pro.co.id, diunduh 9 Februari 2018.

Putriana, R & Kusumadewi, S.2015. Aplikasi Basisdata Fuzzy Untuk Pemilihan Makanan Sesuai Kebutuhan Nutrisi.(2). (Online), tersedia : http://scholar.google.co.id, diunduh 27 Mei 2018.

Purba, J. 2014. Pengertian Dasar Dan Simbol Flowchart. (Online). Tersedia : http://academia.edu, diunduh 6 Agustus 2018.

Rahayu, S. 2017. Pengertian Penelitian Tindakan Serta Karakteristik Dan Tujuannya. (Online). Tersedia : http://seputarpengertian.blogspot.com, diunduh 9 Februari 2018.

Rosa, A.S. & M. Shalahuddin. 2016. Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung : Informatika.

 

Sanjaya, A . 2016. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Calon Penerima Beasiswa Menggunakan Metode Fuzzy Database Model Tahani, 7 (2). (Online), tersedia : http://scholar.google.co.id, diunduh 15 November 2017.

Yudha .Y. 2013. Program Bantuan Siswa Miskin (BSM). (Online). Tersedia :         http://www.swaraguna.com, diunduh 22 Desember 2017.


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade