GAME JAWHEAD TRUK PEMILAH SAMPAH MENGGUNAKAN METODE FISHER YATES SUFFLE DAN JOYFULL LEARNING BERBASIS ANDROID


Author (Penulis)

YUDHA WARDANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.02.0135

Abstract

Pendidikan membuang sampah harus diberikan kepada setiap orang sedini mungkin, agar anak-anak semakin peduli terhadap lingkungan. Sehingga dapat melihat bagaimana keadaan sekarang, dimana banyak anak yang kurang peduli terhadap apa yang dilakukan yaitu membuang sampah dengan sembarangan. Selain itu peran orang tua dalam mendidik anak untuk membuang sampah pada tempatnya juga kurang.

Permasalahan penelitian ini yaitu bagaimana membuat dan merancang game   Truk Pemilah Sampah Learning berbasis Android sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang baik dan menyenangkan ?

Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi berbasis Android bernama JAWHEAD yang memiliki fitur (1) Dengan adanya Aplikasi game Jawhead sebagai media edukasi yang dapat membantu user untuk mengenal jenis sampah dengan bersifat menarik dan edukatif. (2) Aplikasi pembelajaran membuang serta memilah sampah organik, anorganik dan B3 untuk anak usia 7 – 9 tahun bersifat user friendly sehingga sangat mudah di implementasikan kepada anak.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah Game Truk Pemilah Sampah (JAWHEAD) dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang baik dan menyenangkan , sudah sesuai dan mudah digunakan untuk anak – anak/umum.


Keyword

game edukasi, construct 2, joyfull learning, fisher yates suffle.

Reference

Agustina, C. Wahyudi, T. 2015. Aplikasi Game Pendidikan Berbasis Android Untuk Memperkenalkan Pakaian Adat Indonesia. Volume.1 No1. (Online),tersedia:http://lppm3.bsi.ac.id/ jurnal/index.php/ijse/article/view/243/1 78, diunduh 08 Desember 2017.

 

Dewa, Ayu, Prisma, Dewi. Setya, Cendra, Wibawa. 2017.Pengembangan Game Edukasi “Krishna Adventure” Dengan Metode Pembelajaran Menyenangkan (Joyful Learning). Surabaya: Jurnal IT-EDU, Vol.1 No. 2, 155 – 161,

                 http://ejurnal2.its.ac.id/index.php/teknik/article/view/1128/530,

diakses 7 Juni 2018 08.15 WIB.

 

Dharwiyati, Sri. Wahono, Romi, Saria. 2003. Pengantar Unifield Modeling Languange (UML). Ilmu Komputer.

 

Ekojono, Dyah, Ayu, Irawati. Lugman, Affandi.  Anugrah, Nur, Rahmanto. 2017.Penerapan Algoritma Fisher-Yates Pada Pengacakan Soal Game Aritmatika. Malang: Prosiding SENTIA, POLITEKNIK NEGERI MALANG, Vol.9 – ISSN: 2085-2347,

http://pros.sentia/view/docs/, diakses 7 Juni 2018 07.39 WIB.

 

Kurniawan, Fachrul. Balqis, Kamalia, Fikria. Game Bahari Menggunakan Algoritma Fisher Yates Suffle Sebagai Pengacak Posisi NPC. Malang: Jurnal Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, tersedia:  http://lppm3.bsi.ac.id/jurnal/index.php/ijse/srticle/view/243/178,  

diunduh 6 Juni 2018 11.00 WIB.

 

Kusumawati, Yenni. 2014. Metode Pengacakan Fisher Yates Suffle untuk Game Puzzle Berbasis J2ME. Universitas Kristen Duta Wacana. http://sinta.ukdw.ac.id

 

Mhd, Arief, Hasan. Supriadi, Zamzami. 2017. Implementasi Algoritma Fisher-Yates Untuk Mengacak Soal Ujian Online Penerimaan Mahasiswa Baru (Studi Kasus : Universitas Lancang Kuning Riau). Riau: UNIVERSITAS LANCANG KUNING, Vol.3 No.2, 291-298,

http://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v3i2.2017.291-298, diakses 7 Juni 2018 19.50 WIB.

 

Moh, Ahsan. Irfan, Fuad. 2016. Game Edukasi Memilih Sampah Berbasis Android Menggunakan Algoritma A-Star (A*). Malang: Jurnal Informatika Merdeka Pasuruan, UNIVERSITAS KANJURUAN MALANG, Vol.3 No.1,

                 http://doi.org/10.25077/TEKNOSI.v3i2.2017.291-298,

 

Utomo, Erlianto. 2015. Game Vocabulary Untuk Anak-Anak Berbasis Android Di TK AL-HUDA Kediri. FAULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI.

 

Wibawa, Surya, Thio. 2017. Game Edukasi kelas 6 SD Berbasis Android. Kediri: Jurnal Informatika Universitas Nusantara PGRI Kediri, 

http://simki.unpkediri.ac.id/file_artikel/11.1.03.02.0363, diakses 17 Agustus 2018 20.00 WIB.

                   

Wahyuni, Putri. 2012. “Multimedia Starter Guide CorelDRAW X3”. Yogyakarta : Andi Publisher

 


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade