Sistem Terdistribusi Pemilihan Tempat Bersalin di Kecamatan Kertosono


Author (Penulis)

AINUL FUAD
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.02.0125

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh minimnya sarana informasi dari pihak penyedia pelayanan kepada pasien, yang mana pasien harus datang langsung untuk melihat jadwal dokter maupun informasi ke tempat layanan bersalin. Tidak hanya itu pasien bisa memilih tempat bersalin sesuai keinginan pasien.
Permasalahan pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana memilih tempat bersalin yang tepat menggunakan Metode Analytic Hierarki Procces? (2) Bagaimana Membangun Sistem Terdistribusi berbasis web yang dapat membantu pasien maupun pihak penyedia layanan?  
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah  (1) Bagaimana metode Analytic Hierarki Procces bisa member solusi untuk pasien dalam memilih tempat bersalin. (2) Membangun sistem terdistribusi berbasis web untuk menyediakan layanan bagi pasien maupun pihak tempat bersalin. 
Penelitian ini menggunakan metode penelitian Analytic Hierarki Procces, pada metode Analytic Hierarki Procces, Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yaitu meliputi pengumpulan data dengan cara wawancara dan kuisioner. Teknik yang digunakan adalah penelitian pengembangan, yaitu meliputi Identifiksi, Studi Literatur, Pengumpulan data, Perancangan dan Relaisasi, Pembuatan Sistem, Uji Coba dan Penyusunan Laporan.
Berdasarkan hasil uji coba melalui skenario pengujian kuisioner dengan jumlah koresponden sebanyak 11 orang mendapatkan hasil persentase sebesar 90%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sistem terdistribusi pemilihan tempat bersalin di Kec. Kertosono berhasil memberikan kepuasan bagi calon pasien.

KATA KUNCI  : Sistem Terdistribusi, Sistem Penunjang Keputusan, Analytic Hierarki Procces.


Keyword

Php, MySQL

Reference

Saaty, T. & Vargas,L., 2001, Models, Methods, Concepts and Application of The Analytic Hierarchy Process, Sepringer Science Business New York.
Saaty, T.L. 2008. Decision making with the analytic hierarchy process, Int. J. Services Sciences, Vol. 1, No. 1, pp.83–98.
Ubaidilla A., 2009. Perancangan dam Implimentasi sistem Terdistribusi, 45-46


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade