PEMBENTUKAN KELOMPOK BELAJAR SISWA SD MENGGUNAKAN METODE AGGLOMERATIVE HIERARCHICAL CLUSTERING


Author (Penulis)

ANANG JUNI PANGESTU
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.02.0116

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan disalah satu sekolah dasar yang ada di wilayah Desa Moyoketen, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Timur. Seperti sekolah pada umumnya, setelah pelaksanaan UTS selesai, barulah pembentukan kelompok belajar dibentuk untuk siswa kelas 6, supaya siswa-siswa kelas 6 mempunyai bekal yang cukup untuk menghadapi Ujuan Nasional. Sekolah tersebut dalam pembentukan kelompok belajar masih berdasarkan urutan nomer absen. Jika  pengelompokan  dilakukan  berdasarkan  absen,  besar  kemungkinan siswa  yang  memiliki  nilai  tinggi  di  mata  pelajaran akan berada dalam satu kelompok dengan siswa yang tertinggal di mata pelajaran tersebut. Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana pembuatan sistem kelompok belajar dengan menerapkan Metode Agglomerative Hierarchical Clustering ?

Tujuan dibuatnya sistem tersebut dapat membantu  guru di Sekolah Dasar Negeri 2 Moyoketen dalam membentuk kelompok belajar siswa sebelum pelaksanaan UN. Penelitian ini menggunakan metode Agglomerative Hierarchical Clustering dengan  perhitungan jarak awal menggunaka rumus Euclidean Distance kemudian menentukan kedekatan diantara dua kelompok dari jarak rata-rata antar dua data dari cluster yang berbeda menggunakan rumus average linkage.

Hasil penelitian ini adalah setiap kelompok mempunyai karakteristik nilai yang berbeda yaitu, Kelompok C (CC) merupakan kelas dengan siswa yang memiliki nilai rata-rata tingkat kecerdasan tinggi, Kelompok B (CB) diisi oleh siswa dengan tingkat kecerdasan cukup, dan Kelompok A (CA) disi oleh siswa yang memiliki tingkat kecerdasan kurang. Kesimpulan yang didapat, Guru dapat lebih mudah dalam proses penyampaian materi, karena siswa dalam satu kelompok memiliki tingkat kecerdasan yang hampir sama.


Keyword

KELOMPOK BELAJAR, AGGLOMERATIVE HIERARCHICAL CLUSTERING

Reference

Aditra ,Gede Pradnyana  dan  Aan, Agus Jiwa Permana. 2017. Perancangan Sistem Pembagian Kelas Kuliah Mahasiswa dengan Kombinasi Metode K-Means dan K-Nearest Neighbors. Bali, (Online), 285-290, tersedia: http://knsi.stikom-bali.ac.id, diunduh 14 November 2017.

Apriyanto, Candra. N. 2011. Sistem Informasi Penjualan Arloji Berbasis Web Pada CV. Sinar Terang Semarang. Tersedia : http://www.schoolar.google.com. Diunduh 14 November 2017.

Astuti, F. H. (2013). Data Mining. Yogyakarta: Andi.

Bunafit Nugroho. 2005. Data Base Relasional dengan MySQL. Yogyakarta: ANDI

Catur, Andre Prasetyo. 2013. Penerapan Data Mining Untuk Membentuk Kelompok Belajar Menggunakan Metode Clustering Di Smpn 19 Bandung. Bandung. Teknik Informatika Universitas Komputer Indonesia. (Online), tersedia:
https://repository.unikom.ac.id/id/eprint/4493, diunduh 10 November 2017.

Fadliana, Alfi dan  Rozi, Fachrur.2015. Penerapan Metode Agglomerative Hierarchical Clustering Untuk Klasifikasi Kabupaten/Kota Di Provinsi Jawa Timur Berdasarkan Kualitas Pelayanan Keluarga Berencana. Malang. Jurusan Matematika Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.(Online),tersedia:
http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/6442, diunduh 10 November 2017.

Kadir, abdul. 2009. Masterin Ajax dan PHP. Yogyakarta: ANDI

Marjiyono.2015.Penerapan Algoritma Ahc Algorithm Dalam Aplikasi Pembagian Kelas Siswa Baru. Yogyakarta. Teknik Informatika STMIK AMIKOM Yogyakarta. (Online),tersedia: http: //ojs.amikom.ac.id, diunduh 11 Desember 2017.

Prasetyo, E (2012). Data Mining  Konsep Dan Aplikasi Menggunakan Matlab. Yogyakarta. Andi.

Sutrisno. 2013. Penerapan Data Mining Pada Trend Penjualan Menggunakan  Metode Clustering Study Kasus Pt.Indomarco Palembang. Palembang. Program Studi Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bina Darma. ( Online ), tersedia : https://www.scholar.google.co.id, diunduh 13 Desember 2017.

Supianto, Afif (2014). Pengenalan Pola Hierarchical Clustering. Diakses dari http://afif.lecture.ub.ac.id/files/2014/05/Slide-12-Klasterisasi-Hierarchical-Clutsering.pdf pada 10 Januari 2018 pukul 19.15 WIB.

Tang, ZhaoHui dan MacLennan, Jamie. 2005. Data Mining with SQL Server 2005. Indiana Polis. Wiley Publishing.

Yanto. (2015). Implementasi Data Mining dengan Metode Algoritma. STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuklingau.(Online), 2 (2): 102-112, tersedia : http://citec.amikom.ac.id, diunduh 10 Desember 2018.

Yayang, Bagus Fatkhurrahman. 2017. Sistem Pembagian Kelompok Belajar Siswa Menggunakan Metode K-Means Clustering Di Sd Negeri 1 Ngebong Kabupaten Tulungagung. Kediri. Jurusan Teknik Informatika Universitas Nusantara PGRI Kediri.(Online), 1 (9): 1 – 9, tersedia : http://simki.unpkediri.ac.id, diunduh 1 Januari 2019.

 


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade