aplikasi sistem pakar diagnosis kerusakan sepeda motor matic vario injeksi menggunakan metode certainty factor berbasis web


Author (Penulis)

ANDIKA MIXTATUL HUDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.02.0112

Abstract

Perkembangan industri sepeda motor matic injeksi di Indonesia mengalami perkembangan yang signifikan, sepeda motor matic injeksi yang lebih irit bahan bakar dan ramah lingkungan. Dengan tingginya pengguna sepeda motor matic injeksi saat ini timbul permasalahan bahwa tidak semua pengguna motor matic injeksi memiliki kemampuan melakukan perbaikan terhadap kerusakan sepeda motornya.

Dengan kemajuan teknologi saat ini, memunculkan suatu ide atau gagasan dari penulisan untuk mencoba mengimplementasikan suatu program aplikasi sistem pakar untuk merancang sebuah aplikasi sistem pakar untuk mendiagnosis kerusakan pada sepeda motor matic Vario injeksi. Sistem pakar sendiri adalah program komputer yang berfungsi sebagai konsultan ahli untuk suatu bidang tertentu.

Sistem yang akan dibuat adalah “Aplikasi sistem pakar diagnosis kerusakan sepeda motor matic Vario injeksi menggunakan metode Certainty Factor berbasis web”. Dengan menggunakan sistem pakar ini dapat membantu pengguna sepeda motor matic Vario injeksi untuk mengetahui lebih awal apa saja kerusakan yang terjadi sebelum terjadi kerusakan yang lebih berkelanjutan. Sistem ini di buat menggunakan aplikasi berbasis web.

Dari hasil uji coba dilakukan pengujian terhadap 12 kasus kerusakan memiliki akurasi 83 % dalam mendeteksi kerusakan pada motor matic Vario injeksi menggunakan metode Certainty Factor berhasil memberikan kepuasan bagi para pengguna motor matic vario injeksi.

 

 

KATA KUNCI  : Sepeda Motor Matic Injeksi, Sistem Pakar, Certainty Factor.


Keyword

sepeda motor matic, sistem pakar, certainty factor

Reference

Arhami, M. 2005. Konsep Dasar Sistem Pakar. Yogyakarta : Andi.

Arief, M. Rudyanto. 2011. Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP dan MySQL. Andi Offset. Yogyakarta.

Cahyo, B. 2012. Jurnal Dinamika Universitas Kristen Duta Wacana. Dinamika  Universitas kristen duta wacana, 2.

Dimarzio, J. 2008. Android A Programmers Guide. Mc Graw Hill Professional.

Gravel, H., & Ress, R. 2004. Microeconomics (3rd ed.). Harlow : Pearson Education Limited.

Harahap, N. S. 2012. Pemrograman Aplikasi Mobile Smartpone Dan Tablet PC Berbasis Android. Bandung : Informatika

Hidayatullah dan Kawistara. 2014. Pemrograman Web. Bandung : Informatika Bandung.

Komputer, W. 2009. Solusi mudah dan cepat menguasai Spss 17.0 untuk pengolahan data statistik, hal 93. Jakarta : PT Elek Media Komputindo.

Motor 123. (2016, January 14). Mrharga.xyz. Dipetik Maret 7, 2016, dari http://mrharga.xyz/309/tren-motor-di-indonesia-di-tahun-2016-matic-masih-akan mendominasi/

Proboyekti,Umi 2008. Flowchart. Diakses pada tanggal 9 April 2018, dari http://lecturer.ukdw.ac.id/othie/flowchart.pdf

Samuelson, P., & Nordhaus, W. 2005. Economics (18th ed). New York : Mc-Graw Hill.

Simarmata dan Abdullah, 2015. “Implementasi  Metode Certainty  Factor  untuk  mendeteksi  Gangguan  Perkembangan  Anak Berbasis Mobile Handphone”, Syntax, ISSN : 2302-156X, Vol. 4, Ed.1 : 15.

Sutojo,T.S.Si.,M.Kom, Mulyanto Edy, S.Si.,M.Kom dan Dr. Suhartono Vincent 2011. Kecerdasan Buatan : Andi Yogyakarta dan UNIDUS.


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade