PENERAPAN DATA MINING UNTUK MENGANALISIS DATA PENJUALAN PADA TOKO BANGUNAN RESTU BUNDA MENGGUNAKAN METODE APRIORI


Author (Penulis)

ANDIK RUDIYANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.02.0109

Abstract

ABSTRAK

 

Dalam persaingan di dunia bisnis ini perlu banyak inovasi dan trobosan yang baru dalam menghadapinya dan menuntut para pelaku bisnis untuk senantiasa mengembangkan bisnis mereka dan juga agar selalu bertahan dalam persaingan. Pada penelitian ini penulis mengamati proses kegiatan penjualan pada Toko Bangunan Restu Bunda yang terus berjalan dan begitu juga data yang dihasilkan semakin lama semakin bertambah.

Data – data penjualan yang semakin lama akan semakin besar tidak akan berguna dan bermanfaat jika dibiarkan begitu saja.Hal yang harus dilakukan dalam melakukan hal tersebut adalah analisis data penjualan perusahaan dengan menggunakan algoritma. Dalam data mining terdapat beberapa algoritma atau metode yang dapat dilakukan. Algoritma apriori adalah salah satu data mining yang digunakan dalam sistem ini, algoritma ini mencari aturan asosiasi dalam data mining.

 Algoritma apriori pada sistem ini bertujuan mencari nilai frekuensi pada itemsets pada sekumpulan data. Sedan gkan algoritma apriori didefinisikan suatu proses untuk menemukan suatu aturan apriori yang memenuhi syarat minimum untuk support dan syarat minimum untuk confidence. Algoritma apriori adalah algoritma yang paling terkenal untuk menemukan pola frekuensi tinggi. Tujuan dari pembuatan sistem pada tugas akhir ini adalah mengetahui apakah algoritma apriori dapat digunakan untuk mengembangkan penjualan dan mengatur strategi pemasaran serta mengetahui hubungan antar barang guna menentukan penempatan barang.

 

KATA KUNCI  : Data Mining, Algoritma apriori, Support, Web


Keyword

data mining toko bangunan restu bunda

Reference

DAFTAR PUSTAKA

 

 

Aditya, Dwi Purnomo. 2016. “Penerapan Algoritma Apriori Terhadap Data Penjualan di Toko Gudang BM (Black Market) ”. Universitas Widyagama Malang.

 

Agung, Muhammad Thoriq. 2015. Penerapan Data Mining Pada Data Transaksi Penjualan Untuk Mengatur Penempatan Barang Menggunakan Penempatan Barang. Jurnal UDiNus. Semarang.

 

Agusta,Yudi. 2007. K – Means – Penerapan, Permasalahan dan Metode Terkait. Jurnal Sistem dan Informatika Volume 3, halaman 47 – 60.

 

Amansyah, Zulkifli. 2000. Manajemen Sistem Informasi. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

 

Anggraeni, Hapsari Dita. 2012. Aplikasi Data Mining Analisis Data Transaksi Penjualan Obat Menggunakan Algoritma Apriori. Jurnal Masyarakat Informatika Vol 4, No. 7. Universitas Diponegoro.

 

Ancok, Djamaludin. 1994  Media Belajar Analisis Data Dengan SPSS. Yogyakarta : Pusat Pustaka Pelajar

 

Assauri,Sofyan 1999. Manajemen Produksi dan Operasi, Edisi Revisi, LPFE-UI,     Jakarta.

 

BarryRender dan Jay Heizer. 2001. Prinsip-prinsip Manajemen Operasi : Operations. Management, Salemba Empat, Jakarta.

 

Buulolo, Efori 2015. ”Algoritma Apriori Pada Data Penjualan di Supermarket”. STMIK Budi Darma, Medan.

 

Darmi, Yulia Setiawan Agus. 2016. Penerapan Metode Clustering K – Means Dalam Pengelompokan Penjualan Produk. Yogyakarta.

 

Djamaludin, Irsyad 2017. Analisis Pola Pembelian Konsumen Pada Transaksi Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori. Jurnal SIMETRIS. Universitas Komputer Indonesia.

 

Erwin, 2009. Analisis Market Basket dengan Algoritma Apriori dan FP – Growth. Jurnal Generik Vol.4 No. 2. Juli 2009.

 

G. Gunadi and D.I. Sensue, 2012. Penerapan Data Mining Market Basket Analysis Terhadap Data Penjualan Produk Buku Dengan Menggunakan Algoritma Apriori dan Frequent Pattern Growth (FP - Growth).“Jurnal TELEMATIKA MKOM, Vols.4, No.1.”

 

Pane, Kartika D. 2013. Implementasi Data Mining Pada Penjualan Produk Elektronik Dengan Algoritma Apriori (Studi Kasus : Kredit Plus). Jurnal Pelita Budi Darma Vol. 4, No. 3. Medan : STMIK Budidarma.

 

Patton, Michael Quinn. 1980. Qualitative Education Methods. Sage Publication. Beverly Hills, London.

 

Sari, Novita E. 2013. Analisa Algoritma Apriori Untuk Menentukan Merek Pakaian Yang Paling Diminati Pada Mode Fashion Group Medan. Jurnal Pelita Budi Darma Vol. 4, No. 3. Medan : STMIK Budi Darma.

 

Salim, Peter dan Yenny Salim. 2002. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta : Modern English Press.

 

Sugiyono, 2012.  Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

 

Sulianta, Feri. 2010. Data Mining Meramalkan Bisnis Perusahaan, Jakarta : Elex Media Komputindo.

 

Syaifullah, M.A.  2010. Implementasi Data Mining Algoritma Apriori Pada Sistem Penjualan. STMIK AMIKOM YOGYAKARTA. Yogyakarta : Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Amikom.

 

Turban, E.,dkk. 2005. Decision Support System and Intelligent System. Yogyakarta : Andi Offset.

 

 

Ummi, Khairul. 2015. Analisa Data Mining Dalam Penjualan Sparepart Mobil Dengan Mengggunakan Metode Algoritma Apriori (Studi Kasus : Di PT. IDK 1 Medan). Jurnal CSRID Vol.8  No. 3. Medan : Universitas Potensi Utama.

 

Widodo. 2013 . Pengertian Data mining. Jurnal Komputer dan Informatika (KOMPUTA). Yogyakarta.

 

Wandi, N. 2012. Pengembangan Sistem Rekomendasi Penelusuran Buku dengan Penggalian Association Rule Menggunakan Algoritma Apriori. Jurnal ITS. Surabaya : Institut Teknologi Sepuluh November.


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade