PETUALANGAN DORIS DALAM GAME EDUKASI MATEMATIKA UNTUK ANAK SD KELAS 4 MENGGUNAKAN CONSTRUCT 2


Author (Penulis)

MUKHLAS RIFAI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.02.0103

Abstract

ABSTRAK

 

Mukhlas Rifai : Petualangan Doris Dalam Game Edukasi Matematika Untuk Anak SD Kelas 4 Menggunakan Construct 2, Skripsi, Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2018.

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perilaku anak-anak lebih menyukai bermain game dan melupakan kegiatan utama mereka untuk belajar, terutama pelajaran matematika yang seharusnya menjadi kegiatan yang wajib mereka kerjakan sebagai seorang siswa di Sekolah Dasar Negeri Duwet I Kecamatan Wates Kabupaten Kediri. Sehingga diperlukan sebuah sebuah game edukasi matematika yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran serta mampu menambah motivasi anak untuk menarik minat belajar siswa.

Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana Merancang Game Edukasi Matematika Untuk Anak Kelas 4 di SDN Duwet 1 berbasis desktop menggunakan Construct 2? (2) Bagaimana menarik minat siswa untuk semangat belajar matematika menggunakan Game Edukasi Matematika? (3) Bagaimana implementasi Game Edukasi Matematika Untuk Anak Kelas 4 di SDN Duwet 1 berbasis desktop menggunakan Construct 2?.

Penelitian ini menggunakan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang bersumber dari Luther dan sudah dimodifikasi oleh Sutopo. Metodologi pengembangan multimedia tersebut terdiri dari enam tahap, yaitu konsep, desain, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian dan distribusi.

Berdasarkan hasil dari 20 responden yang telah melakukan pengujian, disimpulkan dari hasil seluruh kusioner yang telah dihitung bahwa presentase game edukasi matematika ini yaitu sebanyak 87% responden setuju bahwa siswa senang bermain game edukasi matematika ini, juga cukup mudah untuk dimainkan bagi siswa sesuai dengan tampilan game yang menarik. Dan juga dapat menambah motivasi siswa untuk semakin bersemangat dalam belajar.


Keyword

a

Reference

Clark, D. 2006. Games And E-Learning. http://www.caspianlearning.co.uk/Whtp_caspian_gams_1.1.pdf  Diakses 20 September 2018

Fajrina, H.N. 2015. Tingkat Kecanduan Gadget di Usia Dini Semakin Menghawatirkan. (online). Tersedia: https://cnnindonesia.com/teknologi/20151103093518-185-89078/tingkat-kecanduan-gadget-di-usia-dini-semakin-menghawatirkan/, diakses 11 November 2018.

Handriyantini, E. 2009. Permainan Edukatif (Educational Games) Berbasis Komputer untuk Siswa Sekolah Dasar, e-Indonesia Invitiative 2009 (eII2009).

Jasson. 2009. Role Playing Game (RPG) Maker. Yogyakarta: C.V. Andi Offset

Permana, S.D.H. 2015. Pembangunan Aplikasi Game Android Pengenalan Pola Warna Pada Paud Posdaya. Universitas Trilogi. Jakarta Selatan. 59-64.

Sholihin. 2016. Game Pass-Puzz dengan Construct2. ISSN : 2503-07103, 1 April 2016. Diambil Dari : journal.unisla.ac.id/ pdf/112112016/Jurnal %20Game.pdf. Diakses 15 Oktober 2018

Widiastuti, N.I. 2012. Membangun Game Edukasi Sejarah Walisongo. Jurnal Komputer dan Informatika 1.2 (2012).


PUBLISHED

2019-02-13

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI