KLASIFIKASI BAKAT TARI TRADISIONAL ATAU MODERN SISWA SMPN 1 KERTOSONO MENGGUNAKAN ALGORITMA CART


Author (Penulis)

TRIANA NOVITA KUNIASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.02.0102

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan  peneliti, bahwa sistem klasifikasibagi siswa di SMPN 1 Kertosono yang masih menggunakan praktikum manual, baik untuk penilaian bakat tari tradisional atau modern, serta sulitnya menentukan kriteria murid seperti keluwesan, kelenturan, penjiwaan, kreatifitas, gerakan, dan tempo untuk menentukan minat siswa pada tari tradisional atau modern. Untuk menangani permasalahan yang ada maka diperlukan metode baru dalam menangani klasifikasi bakat tari siswa, metode yang di gunakan adalah metode CART (Classification And Regression Tree) di dalam aplikasi untuk menentukan kriteria murid di extra tari sesuai kemampuan dan minat siswa secara terkomputerisasi sehingga guru ekstra tari tidak perlu mengakumulasi dan mempertimbangkan tari apa yang cocok untuk siswa secara manual

Permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana mengidentifikasi jenis tari menggunakan Algoritma CART?, Bagaimana mengukur keakuratan klasifikasi Algoritma CART?

Dengan adanya masalah tersebut, maka dirasa perlu untuk membangun sebuah sistem aplikasi yang secaraotomatis dapat menampilkan hasil identifikasi jenis tari sesuai bakat para murid. Dengan adanya aplikasi tersebut guru akan terbantu untuk menyesuaikan bakat tari siswa secara lebih signifikan melalui metode pengukuran Algoritma CART.

Hasil dari penelitian ini adalah berupa aplikasi yang dapat menerapkan metode CART untuk menentukan kriteria murid di ekastra tari sesuai kemampuan dan minat siswa secara komputerisasi. Aplikasi ini dapat membantu guru untuk menyeleksi bakat murid dengan lebih mudah.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (Untuk  merancang dan membuat  aplikasi klasifikasi bakat tari menggunakan metode CART, Merancang dan membuat sistem klasifikasi untuk meminimalisir kesalahan penilaian bakat siswa, Untuk  merancang dan membuat  perangkat tes yang dapat mengarsipkan hasil dan membuat laporan hasil klasifikasi.


Keyword

KLASIFIKASI, BAKAT TARI TRADISIONAL, ALGORITMA CART

Reference

[1] Hermawati, F. A. 2013. Data Mining. Yogyakarta: Andi Ofset.

[2] Kadir, A. 2009. Dasar Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP. Yogyakarta: Andi Offset.

[3] Kristanto, A. 2008. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Yogyakarta: Gava Media.

[4] Kurniawan, B. 2017. Prediksi Prestasi Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Algoritma CART. Jurnal Universitas Nusantara PGRI, 3.


PUBLISHED

2019-02-15

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade