Aplikasi Pendeteksi Kemiripan Isi Teks Tugas Siswa Menggunakan Algoritma Levenshtein Distance


Author (Penulis)

M. FAHRUR AZHRI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.02.0098

Abstract

ABSTRAK

 

Banyak terjadinya tindakan plagiarisme di kalangan siswa SMA ketika mengumpulkan tugas serta kuranganya sistem yang mampu mendeteksi kemiripan isi tugas tugas siswa. Dari 35 siswa dalam satu kelas terdapat 24 siswa yang menjiplak dengan berbagai jenis penjiplakan seperti mengambil ide yang sudah ada tanpa menyebut sumber dengan jelas, mengambil data penelitian orang lain, menggunakan kata, kalimat, paragraf yang sama dan bahkan ada yang melakukan penjiplakan kesuluruhan.

Penelitian ini menggunakan algoritma Levenshtein Distance untuk melakukan deteksi kemiripan teks. Dalam sistem yang dibuat, terdapat 3 role pengguna yakni role admin, teacher, dan student. Admin bertugas menghandel semua sistem yang berhubungan dengan administrasi, teacher bertugas untuk memberikan nilai kepada siswa, student bertugas melakukan upload tugas kedalam sistem.

Dari sistem yang telah dibuat, dokumen sebelum dilakukan proses pengecekan melewati tahapan text preprocessing yang terdiri dari Tokenizing, Purifying, Stopword Removal, Stemming, dan Sortir. Setelah melewati tahapan text preprocessing selanjutnya dilakuan perhitungan menggunakan algoritma Levenshtein Distance dengan batasan kemiripan teks (threshold) adalah 70%, jika kemiripan teks siswa kurang dari 70%, maka dokumen akan diterima sistem, jika terdapat siswa mendapat kemiripan teks melebihi 70%, maka dokumen tersebut akan ditolak oleh sistem dan siswa tidak bisa melakukan upload tugas yang sama. Hal ini dibuat untuk memberikan efek jera kepada siswa agar tidak melakukan tindakan plagiarisme. Kesimpulan hasil dari penelitian ini adalah dengan adanya sistem ini dapat membantu guru khusus nya pihak intansi pendidikan dalam mendapatkan dokumen yang original serta mengurangi tindakan plagiarisme sejak dini di mulai dari tingkat SMA.

 

KATA KUNCI  : Kemiripan Teks, Plagiarisme, Levenshtein Distance.


Keyword

kemiripan teks, plagiarisme, levenshtein distance.

Reference

Irianto, WA. 2014. Penentuan Tingkat Plagiarisme Dokumen Penelitian Menggunakan Centroid Linkage Hierarchical Method (CLHM). Jurnal. Program Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya.Malang.

Pratama, B. P. & Pamungkas, S. A. 2016. Analisis Kinerja Algoritma Levenshtein Distance dalam Mendeteksi Kemiripan Dokumen Teks. Jurnal Logika, Jilid 6, No. 2, 2016, Hal. 131-143I.

Obed, K. 2012. Implementasi Algoritma Winnowing Untuk Mendeteksi Kemiripan Pada Dokumen Teks. Jurnal Informatika Vol. 9 No.1.

Sukmana,dkk. 2018. Perbandingan Penggunaan Stemming Pada Deteksi Kemiripan Dokumen Menggunakan Metode Rabin Karp dan Jaccard Similarity. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia. Yogyakarta.

Tudesman, 2013. Sistem Deteksi Plagiarisme Dokumen Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Vector Space Model, Skripsi, Program Studi Teknik Informatika, STIMIK GI MDP.


PUBLISHED

2019-02-13

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade