DIAGNOSA TROUBLESHOTING PADA MESIN PENDINGIN RUANGAN AC CENTRAL MENGGUNAKAN SISTEM PAKAR BERBASIS PEMOGRAMAN VISUAL BASIC DENGAN METODE FOWARD CHAINING


Author (Penulis)

IMAM MACHFUDIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.02.0096

Abstract

Salah satu pemanfaatan sistem pakar adalah dalam bidang service atau mekanik. Pengimplementasian sistem pakar dalam dunia service atau mekanik dapat berupa diagnosa kerusakan, konsultasi manitenece, sampai pemberian saran penentuan solusi dari hasil diagnosa yang ada. Salah satunya sistem pakar digunakan sebagai alat pendiagnosa kerusakan sebuah alat pendingin udara atau AC. Karena hal tersebut aplikasi ini dirancang guna membantu pekerjaan teknisi khususnya taknisis ac central dalam mendiagnosis kerusakan pada AC Central.

Aplikasi ini dikembangkan dengan menggunakan perangkat lunak Microsoft Visual Basic 6.0, dan Ms Acces Aplikasi ini dirancang untuk mempermudah para teknisi AC Central untuk melakukan pekerjaan supaya lebih cepat mengetahui kerusakan sebuah AC Central. Seluruh gejala kerusakan, penyebab kerusakan, dan solusi penangannya sudah terdapat dalam database. User dapat langsung mendiagnosis kerusakan AC Central dengan langsung membuka aplikasi dan menjawab beberapa rule pertnyaan yang merupakan gejala yang timbul. Setelah menyelesaikan pertanyaan yang tertera dalam aplikasi, user dapat menemukan solusi dan penanganannya.

. Kesimpulan yang dapat diperoleh setelah implementasi adalah Penerapan model representasi pengetahuan berbasis kaidah produksi (production rule) berhasil diterapkan kedalam aplikasi sistem pakar ini untuk mendeteksi kerusakan AC Central.


Keyword

sistem pakar diagnosa ac central

Reference

[1]Turban, E., (2005). Decision Support Systemand Expert System Prantice Hall International Inc,New Jersey. Turban, Efraim, E Aronson. (2001).Decision Support Systems and Intelligence System. Sixth Edition. Pearson Education, New Jersey. Turban, Efraim, E Aronson. (2001).Decision Support Systems and Intelligence System.

[2].Tutik A. (2009), Penerapan Forward chaining Pada program diagnosa anak penderita autisme, Tehnik informatika universitas kristen dutan wacana , yogyakarta.

[3].Durkin, J. (1994). Expert System Design and Development. London; Prentice Hall  International Edition, Inc. Gandahusada, Srisasi, dkk., 2006, Parasitologi Kedokteran, 284-285, UI Press,  Jakarta.

[4].Suhata, 2005, Visual Basic Sebagai Pusat Kendali Peralatan Elektronik, PT Elek Media Komputindo, Jakarta.


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade