Pengembangan Game Edukasi Mengenal Nama Hewan Dalam Bahasa Inggris


Author (Penulis)

ZUNUS EFENDI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.02.0095

Abstract

Abstrak

 

Zunus Efendi : Pengembangan Game Edukasi Mengenal Nama Hewan Dalam Bahasa Inggris

 

Kata Kunci : Bahasa Inggris, Edukasi, Game

 

            Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, dimana kegiatan belajar mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris cenderung mononton dan kurang menyenangkan untuk siswa di sekolah, tidak terkecuali di SDN Pehwetan 2.

            Untuk mengatasi masalah siswa yang cepat bosan dalam belajar Bahasa Inggris tersebut, maka peneliti kali ini mengimplementasikan algoritma Fisher Yates Shuffle untuk merancang sebuah game edukasi mengenal nama hewan dalam Bahasa Inggris guna meningkatkan ketertarikan serta motivasi anak-anak untuk belajar kosa kata Bahasa Inggris.

            Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, dengan empat tahapan dasar berupa observasi atau analisis kebutuhan, perancangan desain, implementasi desain, serta pengujian terhadap ahli media dan materi. Dengan adanya game edukasi mengenal nama hewan dalam Bahasa Inggris ini, siswa akan lebih semangat belajar serta lebih baik dalam menghafal nama-nama hewan dalam Bahasa Inggris.


Keyword

Game, Edukasi, Bahasa Inggris

Reference

DAFTAR PUSTAKA

 

Arsayd, Azhari. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Dewi, G.P.F. 2012. Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dalam Bahasa Inggris Sebagai Media Pembelajaran Siswa SD Berbasis Macromedia Flash. Skripsi. Dipublikasikan. Yogyakarta: UNY.

Fajrina, H.N.2015. Tingkat Kecanduan Gadget di Usia Dini Semakin Menghawatirkan. (online). tersedia: https://cnnindonesia.com/teknologi/20151103093518-185-89078/tingkat-kecanduan-gadget-di-usia-dini-semakin-menghawatirkan/, diunduh 11 November 2017.

Hakim, F.A. 2017. Perancangan Game Edukasi Matematika Untuk Sekolah Dasar Kelas 3 Berbasis Flash. Kediri: UNP Kediri.

Handriyantini, Eva. 2009. Perkembangan Multimedia Pembelajaran Berbantuan Komputer (online). tersedia: http://scribd.com/perkembanganmultimedia.htm, diunduh 17 Februari 2018.

Imran, Syaiful. 2014. Tahapan Pengembangan Multimedia Untuk Pembelajaran. (online). https://ilmu-pendidikan.net/pembelajaran/tahapan-pengembangan-multimedia-untuk-pembelajaran, diunduh 11 November 2017.

Indonesia Student. 2017. Pengertian Game Edukasi Menurut Para Ahli dan Contohnya Lengkap. (online). tersedia: http://www.indonesiastudennt.com/pengertian-game-edukasi-menurut-para-ahli-dan-contohnya-lengkap/, diunduh 11 November 2017.

Kevin, A.A. 2017. Aplikasi Game Edukasi Bahasa Inggris Berbasis Macromedia Flash Menggunakan Metode Waterfall. Kediri: UNP Kediri.

Sutopo, Ariesto H. 2012. Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.


PUBLISHED

2019-02-18

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade