Rekomendasi Promo Makanan dan Minuman (MaMin) Pada Bengkel Cafe & Resto Menggunakan Metode Single Linkage Clustering


Author (Penulis)

FITRI INDAH FEBRIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.02.0093

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa banyaknya pesaing bisnis di bidang cafe membuat pengusaha cafe harus mampu bersaing dengan pengusha cafe lainnya. Dengan memanfaatkan kemajuan di bidang teknologi diharapkan mampu menghasilkan suatu informasi yang siap digunakan untuk membantu dalam mengambil keputusan menentukan menu promo yang tepat.

Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana membuat sistem rekomendasi  makanan dan minuman yang kurang  diminati oleh konsumen yang nanti akan dijadikan sebagai menu promosi menggunakan metode Single Linkage Clustering. Tahap pembangunan pada sistem ini yaitu dari data transaksi penjualan kemudian di cluster sehingga didapatkan output makanan dan minuman yang paling banyak terjual/ sangat laku, sedang dan kurang laku. 

Tujuan yang hendak ingin dicapai dalam penelitian ini adalah membangun sistem untuk mengetahui penjualan makanan dan minuman yang kurang  diminati oleh konsumen menggunakan metode Single Linkage Clustering dan membangun sistem rekomendasi menu kepada konsumen.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah  pada metode ini algoritma clustering dapat digunakan untuk mengelompokkan  menu dan sistem rekomendasi untuk memudahkan pihak manager resto  dalam pemilihan menu yang tepat sebagai menu promosi.


Keyword

Promo, Makanan, Minuman, Single Linkage, Clustering

Reference

Kadir, Abdul. 2008. Pemrograman Database MySQL untuk pemula.Yogyakarta: Mediakom.

Johnson, R.A & Wichern, D.W. 2007. Applied Multivariate Statistical Analysis. New Jersey: Prentice International Inc.

Santoso, Budi. 2007. Teknik Pemanfaatan Data Untuk Keperluan Bisnis. Yogyakarta: Garaha Ilmu

Santoso, S. 2010. Statistik Multivariat. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Vena, B.G. 2017. Penerapan Metode Clustering Untuk Mendukung Strategi Penjualan Dan Rekomendasi Menu Di Kafe Kennedy . Artikel skripsi,1-8. Diakses pada 26 Oktober 2017


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade