Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa banyaknya pesaing bisnis di bidang cafe membuat pengusaha cafe harus mampu bersaing dengan pengusha cafe lainnya. Dengan memanfaatkan kemajuan di bidang teknologi diharapkan mampu menghasilkan suatu informasi yang siap digunakan untuk membantu dalam mengambil keputusan menentukan menu promo yang tepat.
Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana membuat sistem rekomendasi makanan dan minuman yang kurang diminati oleh konsumen yang nanti akan dijadikan sebagai menu promosi menggunakan metode Single Linkage Clustering. Tahap pembangunan pada sistem ini yaitu dari data transaksi penjualan kemudian di cluster sehingga didapatkan output makanan dan minuman yang paling banyak terjual/ sangat laku, sedang dan kurang laku.
Tujuan yang hendak ingin dicapai dalam penelitian ini adalah membangun sistem untuk mengetahui penjualan makanan dan minuman yang kurang diminati oleh konsumen menggunakan metode Single Linkage Clustering dan membangun sistem rekomendasi menu kepada konsumen.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pada metode ini algoritma clustering dapat digunakan untuk mengelompokkan menu dan sistem rekomendasi untuk memudahkan pihak manager resto dalam pemilihan menu yang tepat sebagai menu promosi.
Kadir, Abdul. 2008. Pemrograman Database MySQL untuk pemula.Yogyakarta: Mediakom.
Johnson, R.A & Wichern, D.W. 2007. Applied Multivariate Statistical Analysis. New Jersey: Prentice International Inc.
Santoso, Budi. 2007. Teknik Pemanfaatan Data Untuk Keperluan Bisnis. Yogyakarta: Garaha Ilmu
Santoso, S. 2010. Statistik Multivariat. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Vena, B.G. 2017. Penerapan Metode Clustering Untuk Mendukung Strategi Penjualan Dan Rekomendasi Menu Di Kafe Kennedy . Artikel skripsi,1-8. Diakses pada 26 Oktober 2017