SISTEM PENENTUAN STRATEGI PROMOSI PENJUALAN SPARE PART SEPEDA MOTOR HONDA MENGGUNAKAN METODE FP-GROWTH


Author (Penulis)

LUQMAN EFENDI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.02.0090

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa ada 5 (lima) strategi promosi yang digunakan di Galaxy Motor Ngadiluwih. Strategi promosi yang digunakan berupa media cetak, media sosial, sponsorship, diskon, dan follow up konsumen. Strategi menggunakan media cetak yaitu menggunakan brosur. Bagian Marketing akan memberikan brosur kepada masyarakat di tempat-tempat umum atau tempat keramaian seperti pasar, terminal dan lain-lain. Strategi promosi menggunakan media sosial. Bagian marketing akan posting konten promosi melalui aplikasi jejaring sosial facebook, whatssapp, instagram, dan lain-lain. Strategi promosi dengan sponsorship. Maksudnya pihak dealer akan menjadi sponsor di suatu event seperti event jalan sehat, kesenian jaranan, grebek pasar, sobo kampong, dan lain-lain. Strategi promosi menggunakan diskon maksudnya pihak AHASS atau dealer akan memberikan harga khusus atau potongan harga pada hari-hari tertentu, seperti beli 2 gratis 1, servis hari ini dapat diskon 50%, beli spx dan coolant dapat diskon 10% dan lain-lain. Strategi promosi dengan follow up konsumen maksudnya menghubungi konsumen kembali setelah servis maupun membeli spare part. Saat konsumen servis di AHASS, maka konsumen akan dimintai untuk mengisi data konsumen termasuk nomor telepon. Bentuk follow up biasanya pihak marketing akan menghubungi konsumen apakah ada keluhan setelah servis, pemberitahuan servis (service reminder), pemberitahuan diskon atau harga khusus spare part, dan lain-lain. Proses dilakukan dengan menginput data strategi dan disimpan di database strategi. Lalu item yang frekuensinya di bawah minimum support dieliminasi. Setelah itu masuk proses pembentukan FP-TREE, pembentukan Conditional Pattern Base, pembentukan Conditional FP-Tree, Frequent Pattern Generated, perhitungan berdasarkan minimum support, dan keluar hasil generate rule. Berdasarkan hasil dari simpulan ini adalah 80% tester senang menggunakan sistem tersebut dan juga cukup mudah untuk dijalankan sesuai dengan tampilan sistem yang mudah dipahami, metode FP-GROWTH dapat diterapkan pada sistem penentuan strategi promosi. Dari hasil pengujian sistem, penentuan strategi promosi menggunakan metode FP-GROWTH, secara umum dapat mengolah data strategi pada bulan sebelumnya. Sehingga diharapkan dapat lebih memanfaatkan data strategi sebagai referensi strategi promosi pada bulan selanjutnya. Diharapkan sistem ini bisa dimanfaatkan secara maksimal dan juga bisa dikembangkan lagi dalam segi fitur dan fungsi, mengingat fitur sistem terlalu sederhana dan data yang digunakan terlalu sedikit sehingga dirasakan kurang mengenai sasaran dan sedikitnya penjelasan mengenai sistem ini.


Keyword

a

Reference

Ardani, N. R. dan Fitrina, N. Sistem Rekomendasi Pemesanan Sparepart Dengan
Algoritma Fp-Growth (Studi Kasus Pt. Rosalia Surakarta).
Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2016.

Devina, I. E. Penggunaan Struktur FP-Tree dan Algoritma FP-Growth dalam Rekomendasi Promosi Produk pada Situs Belanja Online. Makalah IF2120 Matematika Diskrit – Sem. I Tahun 2016/2017.

Feri Sulianta & Dominikus Juju, “Data Mining Meramalkan Bisnis Perusahaan”, Penerbit PT.Elex Media Komputindo, Jakarta, 2010.

Goldie Gunadi, Dana Indra Sensue. Penerapan Metode Data Mining Market Basket Analisa Terhadap Data Penjualan Produk Buku Dengan Menggunakan Algoritma Apriori dan Frequent Pattern Growth (FP-Growth): Studi Kasus Percetakan PT. Gramedia, 2012, Jurnal TELEMATIKA MKOM, Maret 2012, Vol. 4 No.1.

Hanif Al Fatta. 2007. Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Andi. Yogyakarta.

Hariri, F. R. dan Ramadhani, R. A. Penerapan Data Mining Association Rules untuk Mendukung Strategi Promosi Universitas Nusantara  PGRI Kediri. SNATIKA:138.

Ikhwan, A. dkk. 2015. Penerapan Data Mining dengan Algoritma Fp-Growth untuk Mendukung Strategi Promosi Pendidikan (Studi Kasus Kampus STMIK Triguna Dharma). Jurnal SAINTIKOM Vol.14, No. 3.

Isnaini, A. 2005. Model dan Strategi Pemasaran. NTP Press, Mataram.

Jati, B. M. (2011). Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Untuk Pemetaan Industri Kecil di Kaabupaten Bantul. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Kadir, A. (2002). Penuntun Praktis Belajar AQL edisi 1. Yogyakarta: Andi.

Kotler, Philip, dan  Gary Amstrong. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Alih Bahasa Imam Nurmawan. Jakarta : Penerbit Salemba Empat

Kusrini dan Emha Taufiq Luthfi, “Algoritma Data Mining”, ANDI,Yogyakarta, 2009.

Larasati, D. P. dkk. Analisis Dan Implementasi Algoritma Fp-Growth Pada Aplikasi Smart Untuk Menentukan Market Basket Analysis Pada Usaha Retail (Studi Kasus : PT.X). e-Proceeding of Engineering : Vol.2, No.1

Luthfi, E. T. & Kusrini. 2009. Algoritma Data Mining. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Mulyanto, A. (2009). Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nofriansyah, D. 2014. Konsep Data Mining vs Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Nofriansyah, D. 2017. Modul Data Mining. Medan: STMIK TRIGUNA DHARMA.

Nugroho, B. (2006). Pemrograman PHP 5. Yogyakarta : Ardana media.

Oetomo, B. S. (2002). perancangan dan pembangunan sistem informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Putranta, H. (2004). Pengantar sistem dan teknologi informasi. Yogyakarta:AMUS.

Rangkuti, Freddy. 2001. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis PT.Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Shimp,T. A. 2003. Periklanan dan Promosi: Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Erlangga, Jakarta.

Triyanto, W. A. Association Rule Mining untuk Penentuan Rekomendasi Promosi Produk. Jurnal SIMETRIS, Vol 5 No 2

Yana, F. (2011). Sistem Informasi Perhotelan Berbasis Web di Hotel Shago Bungsu Payakumbuh. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Yunus, R. 2015. Penerapan Data Mining Menggunakan Algoritma Fp-Growth Untuk Penyusunan Tata Letak Obat Pada Poliklinik Universitas Dian Nuswantoro. Dokumen Karya Ilmiah.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI