Sistem Diagnosa Penyakit Kulit Pada Kucing Menggunakan Metode SAW (Simple Additive Weighting) Berbasis Android


Author (Penulis)

MOCHAMMAD NUR CAHYO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.02.0083

Abstract

ABSTRAK - Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa kucing merupakan salah satu hewan yang sering dijadikan hewan peliharaan oleh masyarakat Indonesia. Hewan ini juga tak luput dari penyakit khususnya penyakit kulit. Karena Indonesia merupakan Negara yang memiliki kelembapan udara yang tinggi, maka jamur dan parasite dapat dengan mudah menyebar dan berkembang biak dan menyebabkan penyakit kulit. Penyakit kulit merupakan penyakit yang umum diderita oleh hewan mamalia seperti kucing,  jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat maka penyakitnya dapat dengan cepat meluas.

Proses dimulai ketika user menginputkan tanda-tanda penyakit kulit. Tanda-tanda tersebut meliputi bulu rontok, terdapat lesi, kebengkakan pada kaki, kulit bersisik, dan kulit kemerahan. Lalu tanda-tanda penyakit diproses menggunakan metode SAW sampai ditemukan hasil penyakit kulit kucing.

Dari penelitian pada aplikasi diagnosa penyakit kulit menggunakan metode SAW ini didapatkan nilai tertinggi yang menjadi hasil diagnosa penyakit kulit pada kucing. Kesimpulan dari penelitian ini diharapkan para pecinta kucing dapat memberikan pencegahan pada hewan peliharaan yang sedang terkena penyakit kulit.

 

KATA KUNCI  : Sistem Pakar, SAW (Simple Additive Weighting), Penyakit Kulit Kucing

 


Keyword

Sistem,Penyakit Kulit,Kediri,Rekayasa Perangkat Lunak,Diagnosa

Reference

Ensiklopedia Indonesia. 1998. Seri Fauna (Mammalia 2). P.T. Dai Nippon Printing Indonesia, Jakarta.

Patmi kasih, Yuni lestari. Aplikasi Penghitung Point Pelanggaran Siswa sebagai Sistem Pendukung Keputusan Bagi Badan Konseling Sekolah Dengan              Simple Additive Weighting (Studi Kasus: SMK N 1 Tanah Grogot-Kaltim). Nusantara of Engineering.vol.2/No.1/ISSN: 2355-6684

Sutikno, T. 2008. Sistem Pakar untuk Diagnosis Penyakit THT Berbasis Web dengan e2gLite Expert System Shell. Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta


PUBLISHED

2019-02-13

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade