Promosi yang tepat sasaran dapat meningkatkan angka penjualan. Untuk menentukan dan meningkatkan penjualan , toko perhiasan emas Setia Kawan perlu mengidentifikasi pasar dan motif beli konsumen. Salah satu cara untuk mengenali pasar adalah mengetahui selera beli konsumen, yang dapat diamati melalui data transaksi. Algoritma Apriori dan K-Means dapat dimanfaatkan dalam proses penjualan, dengan memberikan hubungan antar data penjualan.
Permasalahan penelitian ini adalah Promosi atau penjualan dirasa kurang optimal dikarenakan pengolahan data dengan cara sederhana (query) tidak mendapatkan hasil yang efektif karena besarnya volume data yang diolah. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif dengan subyek penelitian toko perhiasan emas Setia Kawan. Penelitian dilaksanakan dengan melakukan observasi di toko perhiasan, melakukan wawancara terhadap pemilik toko dan juga melakukan internet browsing untuk mendapatkan fakta dan data. Kesimpulan hasil penelitian ini, bahwa toko perhiasan emas Setia Kawan harus memiliki sebuah sistem yang dapat mengolah data penjualan yang nantinya berguna sebagai acuan target promosi. Dimana sistem mampu menampilakan data perhiasan apa yang paling laris serta perhiasan apa saja yang dibeli secara bersamaan. Sehingga pemilik toko dapat memaksimalkan penjualannya kepada konsumen.
Kata Kunci: Data Mining, Apriori, K-Means, Penjualan Perhiasan
Santoso, Budi. 2007. Teknik Pemanfaatan Data Untuk Keperluan Bisnis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Pramudiono, I. 2007. Pengantar Data Mining: Menambang Permata Pengetahuan di Gunung Data.(Online). Tersedia: http://www.ilmukomputer.org/wp-content/uploads/2006/08/iko-datamining, diunduh 20 Desember 2017.
Davies dan Paul Beynon. 2004. Database Systems Third Edition. Palgrave
Macmillan, New York.