Sistem Rekomendasi Pemilihan Faskes Tingkat 1 Pada Calon Peserta BPJS Menggunakan Metode CPI (Composite Perfomance Index)


Author (Penulis)

BELLA SHINTYANOVA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.02.0052

Abstract

Pemerintah pada saat ini memberikan layanan berupa jaminan kesehatan khusus bagi masyarakat yaitu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. BPJS sendiri memiliki kerjasama dengan fasilitas kesehatan (Faskes) lain. Dalam sistem pemilihan faskes yang ada belum efektif karena pemilihan faskesnya dilakukan secara manual. dengan cara memilih data faskes secara manual data yang begitu banyak dan itu dapat menyita waktu untuk calon peserta BPJS pada saat disana, dan akan membuat para calon anggota faskes kesulitan karena ada banyak pilihan faskes. Atas dasar itulah dibuatlah sebuah sistem yang digunakan untuk merekomendasi faskes.

Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana merancang sistem untuk merekomendasikan pemilihan Faskes Tingkat 1 pada calon peserta BPJS? (2) Bagaimana mengimplementasi metode CPI (Composite Perfomance Index) dalam pemilihan Faskes Tingkat 1 pada calon peserta BPJS?

Penelitian ini menggunakan metode CPI (Composite Perfomance Index) yang merupakan salah satu kelompok pemecah masalah Multiple Criteria Decision Making (MCDM) yang menentukan urutan (prioritas) dalam analisis multikriteria. Metode ini juga mampu mentransformasi skala yang berbeda menjadi nilai yang seragam, sehingga diperoleh nilai alternatife-alternatif yang sudah terurut berdasarkan nilai tersebut akan membantu dalam pengambilan keputusan sehingga memiliki penilaian yang sama terhadap satu alternatife.

Hasil dari penelitian ini adalah terciptanya sebuah sistem yang dapat merekomendasikan faskes tingkat 1 pada calon peserta BPJS dengan menggunakan metode CPI (Composite Perfomance Index). Hasil uji coba perhitungan manual dengan sistem memiliki hasil yang sama.


Keyword

BPJS, Faskes Tingkat 1, Composite Perfomance Index

Reference

Bunafit Nugroho. 2005. Data Base Relasional dengan MySQL. Yogyakarta: ANDI

 

Kadir, Abdul. 2009. Masterin Ajax dan PHP. Yogyakarta: ANDI

Setyawan,Bagus; dan Alexius Endy Bntoudi. 2015. Sistem Pendukung Keputusan Penerimaan OSIS Menggunakan Composite Perfomance Index (CPI) Di SMPN 1 Kesamben. Universitas Kajuruhan Malang.

 

Fajarini, Renny Noer .2015. Sistem Penunjang Keputusan Menggunakn Metode CPI untuk pemilihan pemenang tender pengadaan barang/jasa. F-MIPA Universitas Pakuan.

 

Karismayanti,Magdalena. 20011. Simulasi Pendukung Keputusan Penerima Beasiswa Menggunakan Metode Composite Perfomance Index. Bandung. Politeknik Telkom.

 

Hasbi Nugroho, Adam; dan Nurdin Bahtiar. 2016. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Nilai Kenaikan Pangkat TNI Angkatan Darat Menggunakan Metode Composite Perfomance Index (CPI). Jurnal Matematika, (Online), Vol.19, No. 3 “hal : 102-108”, https://ejournal.undip.ac.id. Diunduh 05 januari 2018.

 

Subakti.(2002). Sistem Pendukung Keputusan.Jakarta.

 

MF, Munzier. 2014. Php Turtorial Book For Beginner. Yogyakarta:  NOTEBOOK

 

Mulyanto, Agus. 2009. Sistem informasi konsep & Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

 

Dwi,Sefian.2015. Keputusan Penentuan Guru Berprestasi pada SMK Bina Nusantara Unggulan Menggunakan Metode Analitical Hierarchi Process (AHP). Semarang.UDINUS.

 

Nugroho,Bonofit. 2004. Data Base Relasional Dengan MySQL. Yogyakarta. Andi.

 

Fatansyah. 2007. Buku Teks Komputer Basis Data. Bandung: Pasar Buku Palasari No. 82 Bandung 40264

 


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade