Penerapan Metode Single Eksponensial Smoothing dan K-means Clustering Pada Pemakaian Air Pdam Di Wilayah Tulungagung


Author (Penulis)

ALIFFANDO PRATAMA PRIAFIAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.02.0036

Abstract

ABSTRAK

Penyediaan air bersih untuk masyarakat mempunyai peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kesehatan lingkungan atau masyaraka. Masalah yang sering dihadapi dalam beberapa tahun terakhir di Tulungagung khususnya pada daerah dataran tinggi atau daerah dekat dengan dataran tinggi yaitu krisis air bersih yang terjadi dibeberapa daerah di Tulungagung. Oleh karena itu, diperlukan sistem yang dapat membantu pihak Pdam untuk memecahkan masalah tersebut. Sistem ini menggunakan metode Single Eksponensial Smoothing dan K-Means Clustering. Tujuan penelitian ini membuat sistem prekdiksi dan pengelompokan Pemakaian air PDAM dan menerapkan metode single eksponensial smoothing dan K-means Clustering

Data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah data pemakaian air wilayah Tulungagung pada bulan januari 2018 – juni 2018. Untuk uji coba sistem yang dilakukan yaitu menggunakan kuisioner yang di berikan kepada 10 responden. Dari hasil kuisioner tesebut peneliti melakukan evalusi sistem, setelah melakukan evaluasi sistem ada beberapa hal yang di evaluasi dan perbaikan agar sistem lebih baik lagi.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah menghasilkan sistem prediksi dan pengelompokan yang diharapkan dapat membantu pihak PDAM, metode single eksponensial smoothing dan K-means clustering dapat di terapkan dalam pembuatan sistem. Saran untuk penelitian berikutnya supaya bisa dikembangkan lebih lanjut dan lebih di sempurnakan lagi.


Keyword

Prediksi, Pengelompokan, Pdam, Single Eksponensial Smoothing, K-means, Clustering.

Reference

Arief,  M. Rudyanto.2011.Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP & MySQL. Yogyakarta: ANDI Fayyad, Usama, 1996, “Advances in Knowledge      Discovery and Data Mining”, MIT Press.

Jhonson,  R.A.  and  Wichern,  D.W. 2005. Applied Multivariate Statistical Analysis 6th Edition. New Jersey: Prentice Hill, Inc.

Makridakis,   Spyros dan Wheelwright,Steven C. 1999. Metode dan Aplikasi Peramalan Edisi 2. Jakarta : Binarupa Aksara.

Turban,  E,  2005,  Decision  Support Systems and Intelligent Systems Edisi Bahasa Indonesia Jilid 1. Andi: Yogyakarta.


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade