APLIKASI EDUKASI AKSARA JAWA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID


Author (Penulis)

ANDI PURNOMO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.02.0021

Abstract

ABSTRAK

Aksara Jawa atau biasa disebut dengan Hanacaraka yang merupakan salah satu warisan budaya Jawa dari leluhur Bangsa Indonesia yang harus tetap dilestarikan, Namun seiring dengan berkembangnya jaman yang mulai maju akan teknologi. Aksara Jawa kini perlahan demi perlahan ditinggalkan oleh masyarakat atau penduduk yang menganut budaya Jawa. Sistem pembelajaran yang kurang variatif dan suasana belajar yang kurang menyenangkan di Sekolah Dasar khususnya pada mata pelajaran Aksara Jawa seringkali membuat siswa sulit untuk memahami mata pelajaran Aksara Jawa.

Permasalahan penelitian ini yaitu bagaimana membuat dan merancang aplikasi pembelajaran Aksara Jawa berbasis Android sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang baik dan menyenangkan.?

Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi berbasis Android bernama ANJAWA yang memiliki fitur (1) Pembelajaran Aksara Jawa dari Aksara Carakan, Pasangan, Sandhangan, Wilangan dan Aksara Swara (2) Mengeluarkan suara pada setiap Aksara Carakan (3) Soal yang dapat membantu menghafal Aksara Jawa.

Kesimpulan hasil penelitian dengan 15 responden user didapat hasil 14 orang merasa puas dengan  Aplikasi pembelajaran Aksara Jawa (ANJAWA) ini, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Aplikasi pembelajaran Aksara Jawa (ANJAWA) ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang baik dan menyenangkan , sudah sesuai, layak dan mudah digunakan untuk siswa/siswi SD.

 

 

KATA KUNCI  : Android, Mobile , Aksara Jawa


Keyword

a

Reference

Badriyah, Tessy. 2007. UML Class Diagram.Yogyakarta: Andi publisher

 

Cahyadhi, Dharma, Sunarya, Wirawan. 2016. Pengembangan Game Edukasi  “Aksara Bali” Berbasis Android, Fakultas Teknik Kejuruan Universitas  Pendidikan Ganesha Singaraja, Bali (Online), tersedia: https://ejournal.undiksha.ac.id, diunduh 06 November 2017.

 

Dharwiyati, S, Saria. 2003. Pengantar Unifield Modeling Languange (UML).  Ilmu Komputer.

 

Satria, A., Niswatin, R. 2015. Android Mobile Application Untuk Kamus Pepak Bahasa Jawa. Skripsi Teknik Informatika, Universitas Nusantara PGRI Kediri,(Online),tersedia:http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/gj/article/view/523, diunduh 10 September 2017.

 

Syahriandi, M.  Heru. 2017. Aplikasi Edukasi Menulis Dan Membaca Aksara Jawa (AMBARAWA) Sebagai Media Pembelajaran Aksara Jawa Berbasis Android. Universitas Muhammadiyah Surakarta Fakultas Komunikasi dan Informastika Program Studi Informatika. (Online), tersedia:http://eprints.ums.ac.id/49185/1/Naskah%20Publikasi.pdf, diunduh 25 September 2017.

 


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 01 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI