PENENTUAN JUARA KONTES IKAN CUPANG DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROMATHE


Author (Penulis)

MUHAMMAD ADITYA ASHARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.02.0010

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa penjurian dalam kontes ikan cupang adil, karena sering kali juri hanya menggunakan fieling tanpa ada perhitungan secara rinci. Oleh karena itu membangun sistem untuk mengetahui pemenang kontes ikan cupang. Proses penjurian ikan cupang yang ditentukan oleh (Assosiasi Betta Indonesia) ABI  menggunakan sistem pendukung keputusan dengan metode Promethee. Menerapkan  sistem pendukung keputusan dengan metode Promethee untuk mengetahui pemenang kontes ikan cupang. Informasi apa saja yang dapat ditemukan di aplikasi ini. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yaitu dengan cara mempelajari dan memahami fenomena atau masalah tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian dalam hal ini adalah peserta juri dalam menentukan juara kontes mengalami kesulitan. Metode Promethee yaitu metode yang di lakukan dengan cara pencocokan dari setiap kriteria yaitu aspek ekor, fin bawah , dorsal , form dan mental. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah Merancang dan membangun sistem aplikasi untuk mengetahui pemenang kontes ikan cupang dengan melalukan proses peringkingan Menerapkan sistem pendukung keputusan dengan metode Promethee untuk mengetahui ikan mana yang lawak juara. Aplikasi ini dapat memberikan informasi tentang hasil pemenang beserta detail nama pemilik, foro ikan, kategori dan juara.Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, sistem pendukung keputusan pemenang kontes ikan cupang sangatlah penting, mengingat setiap kontes terdapat banyak peserta yang ikut dan juga jenis ikan yang di konteskan. Hasil dari penelitian ini masih sangat perlu perbaikan guna mendapat hasil yang lebih baik.


Keyword

SPK, PROMATHE

Reference

Arief,M.Rudianto.2011.pemrograman web dinamis menggunakan Php         dan Mysql.Yogyakarta:ANDI

Brans J.P., & Vincke P. A.1985. Preference Ranking Organization    Method: The PROMETHEE Method For MCDM, Management       Science, 31,6: pp. 647-656.

Francis, T.R, Sari, R.P & Wibowo, A.U.A. 2013. Aplikasi Pemilihan Lokasi  Hunian Dengan Database Fuzzy, 2 (1). (Online). Tersedia    http://scholar.google.co.id, diunduh 11 Desember 2017.

Huda,S.2013. Meraup Untung Dari Bisnis Ikan Cupang.gramedia pustaka utama, (Online), tersedia http:/www.ikancupang.com, diunduh 24 sepember 2018

Huda, K. 2013. Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Terbaik Dengan Metode Promethee Berbasis Web, Diakses pada tanggal 9            Juli 2018

Jogiyanto, HM. 2005. Analisis dan Disain Sistem Informasi, ANDI,Yogyakarta.

Jogiyanto. 1990. Definisi Entity Relationship Diagram. (online). tersedia:http://sir.stikom.edu/, di unduh 3 September 2018.

O’Brien, James A. 2005. Introduction to Information Systems : essentials            for the internet worked e-business enterprise. Mc-Graw-Hill.(10)

Promethee Method. [Online] Tersedia pada http://www.prometheegaia.  net/methods.html

Sanjaya, A . 2016. Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Calon         Penerima Beasiswa Menggunakan Metode Fuzzy Database Model         Tahani, 7 (2). (Online), tersedia : http://scholar.google.co.id,          diunduh 15 November 2017.

Wicaksono, Yogi. 2008. Membangun Bisnis Online dengan Mambo.      Jakarta:PT.Elex Media Komputindo.


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade