PENGARUH REED VALVE PENGGANTI ROTARY TERHADAP KINERJA MESIN VESPA 2 LANGKAH


Author (Penulis)

DEO SATYA PRABANDANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.01.0147

Abstract

Abstrak

 

      Penelitian ini dilatar belakangi hasil observasi awal bahwa rotary mesin vespa tidak tahan lama sehingga fungsi mesin kurang maksimal, Mesin adalah alat mekanik atau elektrik yang mengirim atau mengubah energi untuk melakukan atau membantu pelaksanaan tugas manusia. Biasanya membutuhkan sebuah masukan sebagai pelatuk, mengirim energi yang telah diubah menjadi sebuah keluaran, yang melakukan tugas yang telah disetel.

Permasalahan dalam penelitian ini (1) Bagaimana pengaruh jenis reed valve yang digunakan terhadap putaran mesin pada vespa 2 langkah. (2) Bagaimana pengaruh penambahan membran terhadap kinerja mesin vespa 2 langkah.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Berdasarkan hasil eksperimen serta analysis of varians (ANOVA) yang telah dilakukan pada penelitian ini, dimana variabel berpengaruh terhadap torsi maupun daya. Berdasarkan hasil penelitian ini, nilai torsi tertinggi sebesar 1.28 N.m nilai ini didapat dari eksperimen yang telah dilaksakan dengan mengunakan kombinasi reed valve modifikasi dan putaran mesin 5500 Rpm, sedangkan untuk output daya dengan menggunakan kombinasi reed valve modifikasi dan putaran mesin 6500 Rpm sebesar 10.898 Hp. Hasil ini sesuai jika dilihat dari tingkat efek pengaruh yang diberikan. (2) Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa reed valve modifikasi mampu menghasilkan torsi dan daya tertinggi,  Kesimpulan ini diperkuat pula oleh hasil penelitian lain yang dilaksanakan oleh Aditya (2016), meneliti tentang pengaruh membran terhadap efisiensi bahan bakar metode yang digunakan adalah metode eksperimental. Suatu metode penelitian yang menguji pengaruh dari suatu perlakuan atau design baru dengan cara mengamati data yang ada pada pada alat ukur.

 

.

 

Kata Kunci  : reed valve, rotary, mesin vespa 2 langkah, kinerja.


Keyword

a

Reference

Aditya Wahyu Pratama. 2016. Rekayasa Manifold Membrane Mesin 2 Langkah Sebagai Upaya Meningkatkan Efisiensi Bahan Bakar.

Aji. 2010. Study pengaruh Aplikasi Membran Racing Terhadap Unjuk Kerja Mesin Sepedah Motor Bensin 2 Langsung 135 CC Dengan Variasi Bahan Bakar Premium dan Pertamax. Jurusan Teknik Mesin. Fakultas Teknik. Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arismundar, Wiranto. 2005. Penggerak Mula Motor Bakar Torak. Bandung: Penerbit ITB.

 

Dadi Rosadi.2010. Sistem Pakar Berbasis Web untuk Menganalisa Kerusakan Mesin Motor Vespa, STMIK Mardira Indonesia Bandung 40235.

Gede, I, Wiratmaja. 2010. Analisa Unjuk Kerja Motor Bensin Akibat Pemakaian Biogasoline. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin, 4 (1):16-25.

Luthfi Muhamad.Dkk.2017. Uji Komposisi Bahan Bakar dan Emisi Pembakaran Pertalite dan Premium, Universitas Muhamadiyah Magelang.

Muhamad Herianto. 2008. Motor 2 Tak, Motor 4 Tak, dan Motor Diesel, Mahasiswa fak. MIPA Universitas Sebelas Maret Surakarta M0209034.

Suyanto, Agus 2011. Variasi Campuran Bahan Bakar dengan Peralatan Elektromagnet terhadap Emisi Gas Buang pada Motor Bakar Bensin 3 Silinder. PROTON, 3 (1):13-18.

                                                                                         


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI