Analisa Pengaruh Penambahan Stater Dalam Proses Anaerobic Digestion Terhadap Hasil Biogas Tanaman Eceng Gondok


Author (Penulis)

ARDIYANSAH SAFRINAL SUSANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.01.0112

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini di latar belakangi hasil pengamatan peneliti bahwa terjadi pencemaran air karena melimpahnya gulma eceng gondok di daerah aliran sungai Ngrowo, Kabupaten Tulungagung. Meskipun keberadaan tanaman eceng gondok memiliki efek negatif, tetapi ada nilai ekonomis yang dapat dimanfaatkan, yaitu unsur metan yang terkandung pada eceng gondok dan cukup mengandung selulosa yang cukup besar. Kandungan selulosa inilah yang memiliki potensi sebagai pembuatan energi biogas. Biogas adalah sumber energi alternatif dari bahan baku sampah organik yang difermetasi. Namun perlu adanya penambahan stater agar energi biogas yang dihasilkan dalam proses anaerobic digestion dari tanaman eceng gondok bisa optimal. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan variasi penambahan stater pada setiap komposisi bahan isian dan waktu fermentasi 5 hari, 10 hari, 15 hari dan 20 hari. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penambahan stater terhadap energi biogas pada proses anaerobic digestion. Berdasarkan hasil eksperimen faktorial dapat diketahui jika ada pengaruh penambahan stater dalam proses anaerobic digestion terhadap hasil biogas tanaman eceng gondok dimana pengaruh terbaik terjadi pada komposisi kimia dengan lama waktu fermentasi 20 hari memiliki energi biogas yang paling tinggi dengan temperatur biogas 330C dan tekanan biogas 103548,6 N/m2.

 

Kata Kunci  : Biogas, anaerobic digestion, eceng gondok, stater.


Keyword

Biogas, stater, anaerobic digestion, eceng gondok, stater

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Astuti, N., Soeprobowati, T.R. & Budiyono. 2013. Potensi Eceng Gondok (Eichhornia crassipes) Rawapening Untuk Biogas Dengan Variasi Campuran Kotoran Sapi. Workshop Penyelamatan Ekosistem Danau Rawapening, Semarang: KLH dan UNDIP.

Pambudi, N. A. 2008. Pemanfaatan Biogas Sebagai Energi Alternatif. www.dikti.org. Akses : 13 Mei 2018.

 

Simamora, Suhut, Salundik, Sri Wahyuni, dan Surajudin. 2006. Membuat Biogas Pengganti Bahan Bakar Minyak dan Gas dari Kotoran Ternak. Jakarta: PT. AgroMedia Pustaka.

Sri Wahyuni. 2013. Panduan Biogas. Jakarta Timur: Penebar Swadaya.


PUBLISHED

2019-02-07

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade