PENGARUH PENGGUNAAN OIL COOLER PADA TEMPERATURE ENGINE HONDA GL MAX 100


Author (Penulis)

PUPUT AHMAD SYAIFUDIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.01.0050

Abstract

Pelumasan merupakan masalah aktifitas yang penting dalam pengoperasian mesin. Pemberian minyak pelumas bertujuan untuk mengurangi gesekan dan keausan antar komponen mesin yang saling bergesekan. Gesekan dan keausan yang terjadi dapat menyebabkan temperatur disekitar mesin meningkat dan akan terus meningkat.  Apabila gesekan ini tidak diatasi, akan mempengaruhi kinerja mesin.
    Panas merupakan energi serta masalah pada mesin, semakin meningkat panas semakin menurun pula kinerja mesin. Oli merupakan media pelumas sekaligus pendingin mesin  yang efektif karena menjangkau seluruh bagian mesin, dengan penambahan oil cooler  merupakan salasatu solusi untuk menurunkan temperatur oli yang akan ikut menurunkan temperatur mesin.
     Dengan beberapa pengujian yang telah di laksanakan dengan Kemudian mesin diputar dalam rpm 1500, 2000, 3000, dan 5000 dalam kondisi stasioner lalu pengambilan data teperatur mesin di ambil pada waktu 5 menit dengan 3 kali pengulangan pengetesan temperatur mesin. 
    Diketahui dengan hasil memakai oil cooler  sangat berpengaruh pada temperatur engine Honda Gl Max 100. Mesin yang memakai  oil cooler mempunyai temperatur yang lebih rendah dari pada yang tidak menggunakan  oil cooler.


Keyword

a

Reference

Alexa,  2008,  Pengujian Pelumas Kendaraan  ,Jurnal Teknik Mesin Fakultas
Anonim. (1979).” Diesel Manual Handbook”. Tokyo : Mitsubishi Motors.
Anonim. (1995). “Materi Pelajaran Engine Group Step 2”, Jakarta : PT Toyota –Astra Motor.
Anton, 1985, TeknologiPelumas, Jurnal PPPTMG Lemigas Jakarta.
Antoniuswijaya , 2008, Jenis-Jenis Oli Juni 25, 2008 @ 7:14 am.
Astra Motor. 1995. “New Step 1 Training Manual”. Jakarta : PT. Toyota Astra Motor 
Astra Motor. 1995. “New Step 2 Training Manual”. Jakarta : PT. Toyota Astra Motor 
Darmanto, 2011, Mengenal Pelumas Pada Mesin,Jurnal  Momentum,Vol.7,
Daryanto. 1994. “Reparasi Sistem Pendingin pada Mobil”. Jakarta : PT. Rineka Cipta
Daryanto. 2002. “Pemeliharaan Sistem Pendingin dan Sistem Pelumasan Mobil”. Bandung: Krama Widya
Endro Wahju Tjahjono, 2009, Rancangan Teknologi Pengolahan Pelumas, Mpi,
Gama S.S. 2012. Pengaruh Variasi CDI dan Putaran Mesin Terhadap Daya Mesin Pada Sepeda Motor Suzuki Satria F 150Cc Tahun 2008. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Surkarta : Universitas Sebelas Maret.
hal.5-10  ,Fakultas Teknik Universitas Wahid Hasyim, Semarang.
Hendrik. 2015. “Analisa Pelumasan Tekan dan Pendinginan Motor Bensin”. Jakarta
Maimuzar dan Oong Anwar. 2005. “Pengaruh Pencampuran Oli Treatment Dengan Minyak Pelumas Mesin Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Pada Motor Bensin”. ISSN. Jurnal Ilmiah Poli Rekayasa. Jurusan Teknik Mesin Politeknik Unand.
Irfan 2010, Karakteristik Dasar Pelumas. Jurnal Teknik Mesin Fakultas Industri
Jama,jalius,dkk.2008.”tekniksepeda motor”.Jakarta : Depdiknas.
Mega Ziadatun Ni’mah. 2014 “Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Intensi Membeli Oli Top 1”. Skripsi. Fakultas Psikologi. Jakarta
Muhammad Ardi. 2015. “Sistem Pelumasan Pada Mesin Otomotif”. Fakultas Teknik Palembang. Universitas Palembang
Perkasa pada Pusat Teknologi Industri Proses, Deputi TIRBR – BPPT
Roy Hudoyo, Made Rai Suci Shanti. N.A. dkk. “ Pengujian Pengaruh Penambahan Material Pengotor Oli Bekas Jenuh Sebagai Identifikasi Kandungan Energi Pada Oli Murni”. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains. Fakultas Sains dan Matematika. Universitas Kristen Satya Wasana.
Saputra, Handaya, Asep. 2000. “Sekilas Tentang Pelumas”. Depok
Serway R.A., Jawett J.W., 2010. ”PHYSICS For Scientists and Engineers With Modern  Physics Book 2”. Salembateknika. Jakarta. 144-146.
Suharno dan Budi Harjanto. 2013. “Pengaruh Variasi Temperatur Dan Holding Time Dengan Media Quencing Oli Mesran SAE 40 Terhadap Struktur Mikro dan Kekerasan Baja ASSAB 760”. Jurusan Teknik Mesin dan Kejuruan. Kampus UNS. Surakarta 
Supriyadi W, Priyo Heru A. 2013. Pengaruh Penggunaan Enviropurge Kit Terhadap Performa Mesin Sepeda Motor 4 Langkah. Jurnal Penelitian Jurusan Teknik Mesin. Jawa Timur : Universitas Negeri Surabaya.
Teknologi Industri Universitas Kristen Petra.
Universitas Kristen Putra.
Warju.2009. “Pengujian Performa Mesin Kendaraan Bermotor”. Edisi Pertama Surabaya. Unesa University Press
Wartawan Anton L. 1998. “Pelumas Otomotif dan Industri Pustaka”. Jakarta


PUBLISHED

2019-02-21

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI