Analisa volume isi tangki reaktor dan waktu pengolahan limbah tahu padat terhadap hasil biogas


Author (Penulis)

BAGUS TRI NUGROHO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.03.01.0025

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa ampas tahu mempunyai potensi unuk untuk dijadikan biogas. Dengan pengolahan dan cara-cara tertentu kemungkinan besar dapat digunakan sebagai pengganti gas untuk memasak dan kegiatan sehari-hari permasalahan dalam penelitian ini adalah berapa lama waktu pengolahan atau fermentasi untuk menjadi biogas dan bagai mana pengaruh perbandingan temperatur dan tekanan biogas yang dihasilkan dari komposisi alami, kimia, dan organik.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen analisis data ANOVA yang merupakansalah satu uji hipotesis pada statiska Parametrik pengujian dilakukan terhadap interaksi antara dua faktor dalam suatu percobaan dengan membandingkan rata-rata dari lebih dua sampel. Selain itu penelitian ini menggunakan metode statistik, deskriptif, dengan mengumpulkan informasi data dari setiap hasil perubahan yang terjadi melalui eksperimen secara langsung.

Kesimpulan hasil penelitian ini, Dalam setiap uji coba dengan komposisi tertentu dapat menimbulkan pengaruh temperatur dan tekanan biogas yang berbeda, maka semakin lama proses fermentasi semakin lama akan semakin tinggi nilai (oC) temperatur dan (N/m2) tekanan yang di dapat, dalam uji coba ini ada 3 komposisi yaitu Alami, Kimia, dan Organik.kompoisi terbaik dalam uji cobi ini adalah komposisi Kimia dan terendah adalah alami.

 

Kata Kunci: biogas, limbah tahu padat, tekanan dan temperatur gas, tangki reaktor.


Keyword

Biogas, limbah tahu padat, tekanan dan temperatur gas, tangki reaktor

Reference

Conicahwati, Pamilia dkk. 2009.Pembuatan biogas dari ampas tahu. Fakultas       Teknik Universitas sriwijaya. Pelembang

Rhohman, F dan Budiretnani D.A. 2018. Optimalisasi proses produksi tahu untuk peningkatan kesejahteraan produsen tahu. Jurnal Panrinta Abdi, 2 (2), 133-118.

Saputra, Riyon. .2017.Potensi biogas dari limbah pabrik tahu di desa sindang sari tanjung bintang lampung selatan. Teknik Mesin Universtitas Lampung. Bandar lampung.

Sanjaya, Denta dkk, .2016.Produksi biogas dari campuran kotoran sapi dengan kotoran ayam. Fakultas Pertanian Universitas Lampung. Bandar lampung

Subekti, sri. 2011.Pengolahan limbah cair tahu menjadi biogas sebagai bahan bakar alternatif. Teknik lingkungan Fakultas Teknik UNPAD. Bandung


PUBLISHED

2019-02-21

JOURNAL

Simki-Techsain

ISSN

2599-3011

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade