PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI DAN DAYA TARIK WISATA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN WISATAWAN KAWASAN GUNUNG KELUD KABUPATEN KEDIRI
Author (Penulis)
DIYAN MEGANTARA
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.1.02.02.0399
Abstract
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI, DAN DAYA TARIK
WISATA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN WISATAWAN
KAWASAN GUNUNG KELUD KABUPATEN KEDIRI
Diyan Megantara
14.1.02.02.0399
Ekonomi – Manajemen
Diyan977@gmail.com
Drs. Ec.Ichsannudin,M.M, Rino Sardanto,S.Pd., M.Pd
UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, promosi dan daya tarik
wisata terhadap loyalitas pelanggan, dan untuk mengoptimalkan strategi pengelolaan dalam
menciptakan kualitas pelayanan, promosi dan menambah daya tarik wisata dalam rangka meningkatkan
jumlah kunjungan pariwasata Gunung Kelud, selain itu apabila dikelola dengan baik dapat mendorong
aktifitas ekonomi sekitar dan pariwisata Gunung Kelud yang dapat menciptakan lapangan kerja dan
menambah pendapatan apabila dikelola dengan benar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik penelitian ini menggunakan teknik
kausualitas. Instrumen penelitian berupa kuisioner diukur dengan skala likert. Populasinya adalah
pengunjung yang berada di kawasan Gunung Kelud. Pengambilan sampel dilakukan dengan accidental
sampling sebanyak 40 responden dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan software
SPSS for windows versi 23.
Kesimpulan hasil penelitian adalah (1) variabel kualitas pelayanan, promosi dan daya tarik wisata
secara parsial berpengaruh signifikan terhadap tingkat kunjungan wisatawan kawasan Gunung Kelud
Kabupaten Kediri.(2) variabel kualitas pelayanan, promosi, dan daya tarik wisata secara simultan
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan wisatawan kawasan Gunung Kelud Kabupaten
Kediri.
KATA KUNCI : Kualitas Pelayanan, Promosi, Daya Tarik Wisata, Loyalitas Pelanggan.