PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI DAN DAYA TARIK WISATA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN WISATAWAN KAWASAN GUNUNG KELUD KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

DIYAN MEGANTARA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0399

Abstract

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, PROMOSI, DAN DAYA TARIK WISATA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN WISATAWAN KAWASAN GUNUNG KELUD KABUPATEN KEDIRI Diyan Megantara 14.1.02.02.0399 Ekonomi – Manajemen Diyan977@gmail.com Drs. Ec.Ichsannudin,M.M, Rino Sardanto,S.Pd., M.Pd UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, promosi dan daya tarik wisata terhadap loyalitas pelanggan, dan untuk mengoptimalkan strategi pengelolaan dalam menciptakan kualitas pelayanan, promosi dan menambah daya tarik wisata dalam rangka meningkatkan jumlah kunjungan pariwasata Gunung Kelud, selain itu apabila dikelola dengan baik dapat mendorong aktifitas ekonomi sekitar dan pariwisata Gunung Kelud yang dapat menciptakan lapangan kerja dan menambah pendapatan apabila dikelola dengan benar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik penelitian ini menggunakan teknik kausualitas. Instrumen penelitian berupa kuisioner diukur dengan skala likert. Populasinya adalah pengunjung yang berada di kawasan Gunung Kelud. Pengambilan sampel dilakukan dengan accidental sampling sebanyak 40 responden dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan software SPSS for windows versi 23. Kesimpulan hasil penelitian adalah (1) variabel kualitas pelayanan, promosi dan daya tarik wisata secara parsial berpengaruh signifikan terhadap tingkat kunjungan wisatawan kawasan Gunung Kelud Kabupaten Kediri.(2) variabel kualitas pelayanan, promosi, dan daya tarik wisata secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan wisatawan kawasan Gunung Kelud Kabupaten Kediri. KATA KUNCI : Kualitas Pelayanan, Promosi, Daya Tarik Wisata, Loyalitas Pelanggan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-18

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 01 No. 04 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI