analisis variasi produk, harga, dan garansi terhadap omzet penjualan pada toko sparepart centong motor kediri


Author (Penulis)

ARI CATUR SETYAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0395

Abstract

 

ABSTRAK

Ari catur setyawan: Analisis Variasi produk, Harga, dan Garansi Terhadap Omzet Penjualan Pada Toko Sparepart Centong Motor Kediri.
Skripsi, FE UN PGRI Kediri, 2018.

 

Perkembangan bisnis ritel saat ini semakin lemah. Hal ini dapat membuat persaingan bisnis semakin ketat, karena pemilik usaha ritel dituntut untuk dapat mempertahankan bisnisnya. Salah satunya adalah Toko Sparepart Centong Motor Kediri. Toko sparepart centong motor mempunyai beberapa permasalahan yang muncul seperti pemilihan variasi produk, harga dan garansi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk memperoleh bukti empiris pengaruh variasi produk secara parsial berpengaruh signifikan terhadap omzet penjualan pada toko Sparepart Centong Motor. 2) Untuk memperoleh bukti empiris pengaruh harga secara parsial berpengaruh signifikan terhadap omzet penjualan pada toko Sparepart Centong Motor. 3) Untuk memperoleh bukti empiris pengaruh garansi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap omzet penjualan pada toko Sparepart Centong Motor. 4). Untuk memperoleh bukti empiris pengaruh variasi produk, harga, dan garansi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap omzet penjualan pada toko Sparepart Centong Motor.
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan melalui observasi langsung serta penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah para konsumen Toko centong motor dengan jumlah sampel sebanyak 40 orang. Sampel dipilih menggunakan teknik non-probability sampling dengan teknik sampel yaitu sampling purposive. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinansi, serta pengujian hipotesis (uji t dan uji F).
Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa secara simultan variabel independen yaitu variasi produk, harga dan garansi berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu omzet penjualan. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa: (1) variasi produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap omzet penjualan, (2) harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap omzet penjualan, (3) garansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap omzet penjualan.


Kata Kunci: Variasi Produk, Harga, Garansi, dan Omzet Penjualan


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA 
Basu, Swastha, 2005 Pengantar Bisnis Modern. Jakarta : Salemba empat
Fandy, Tjiptono. 2014. Pemasaran Jasa. Andi : Yogyakarta.
           ,Tjiptono, Gregorius Chandra, Dedi Adriana : 2010. Pemasaran Stratejik. Yogyakarta. Andi.
Febrianto.2005.“Analisis Pengaruh Harga dan Variasi produk Terhadap Penjualan Onderdil Sepeda Motor di Daerah Malang”Penelitian pada jurnal manajemen & kewirausahaan vol.3 No.2, agustus 2005 : 102-120
Gitosodarmo, H. Indriyo. 2012. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta. BPFE
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Semarang : Universitas Diponegoro.
Isqo Hayatun (2015). Pengaruh Variasi Produk terhadap Volume Penjualan Merek AKO pada Matahari Departemen Store Lembuswana di Samarinda.         E-Journal Ilmu Administrasi Bisnis, 2015 :3 (2): 470-481.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid 1. Edisi 12. Alih bahasa : Bob Sabran Jakarta : Penerbit Erlangga.
            ,& Amstrong, G. 2008. Dasar Pemasaran. Edisi Kesembilan. Jilid 2.      Jakarta : PT. Indeks.
                  , Philip. 2009. Manajemen Pemasaran jilid 9. Jakarta: PT. Prehallindo. 
              , Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Edisi 12 jilid 1. Jakarta : indeks- pretice hall.
              , 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Penerbit Erlangga. 
Rachmadi, J. 2009. Perilaku Konsumen. PT Indeks. Jakarta.
Sutedi Adrian. 2008. Tanggung Jawab Produk dalam Hukum Perlindungan Konsumen. Ghalia Indonesia, Bogor
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen.Bandung : Alfabeta.
                  ,.2016. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung    : Alfabeta
Winarningsih, R.A, 2013. Pengaruh Harga, Produk, dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Sepeda Motor Honda di Dealer Honda PT Panji Perkasa Perdana Motor Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. 1.1 (Januari 2013)


PUBLISHED

2018-08-23

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI