Kajian Celebrity Endorser, Price dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Wardah di Borobudur Swalayan


Author (Penulis)

NOVI INDAH PERMATASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0391

Abstract

Abstrak

Keputusan pembelian adalah salah faktor penentu keberhasilan dari sebuah perusahaan.
Semakin tinggi keputusan pembelian dari seorang konsumen terhadap produk, dengan otomatis
laba perusahaan akan meningkat. Keputusan pembelian dari seorang konsumen dapat
dipengaruhi oleh banyak hal, maka dari itu penelitian ini ditujukan untuk mengkaji faktor-faktor
yang mempengaruhi keputusan pembelian. Celebrity endorser, price dan brand image dianggap
mampu mewakili untuk memberikan gambaran tentang keputusan pembelian konsumen.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah celebrity endorser secara parsial
berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kecantikan Wardah di Borobudur Swalayan?
(2) Apakah price secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk kecantikan
Wardah di Borobudur Swalayan? (3) Apakah brand image secara parsial berpengaruh terhadap
keputusan pembelian produk kecantikan Wardah di Borobudur Swalayan? (4) Apakah celebrity
endorser, price dan brand image secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian
produk kecantikan Wardah di Borobudur Swalayan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu pendekatan penelitian yang
menggunakan data berbentuk angka. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah
konsumen yang membeli produk kecantikan Wardah di Borobudur Swalayan pada bulan April
sampai dengan Juni 2018. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi
linear berganda, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis dengan menggunakan alat bantu
program SPSS versi 23.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan celebrity endorser,
price dan brand image mempunyai pengaruh keputusan pembelian sebesar 96,6% dan sisanya
sebesar 3,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Celebrity
endorser, price dan brand image menunjukkan pengaruh signifikan.
Penulis menyarankan dalam perusahaan harus mampu menentukan celebrity endorser yang
baik, price yang tepat dan membentuk brand image baik agar dapat mempengaruhi keputusan
pembelian yang dengan begitu dapat menaikkan jumlah penjualan dan sekaligus laba perusahaan.


KATA KUNCI : Celebrity Endorser, Price, Brand Image, Pembelian Ulan
 


Keyword

a

Reference

Shimp, Terence (2003). Periklanan Promosi & Aspek Tambahan Komunikasi Pemasaran, Terpadu, Jilid I (edisi 5), Jakarta: Erlangga.

 

A. Shimp, Terence. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat

Alfiyah Nuraini, Ida Maftukhah. 2015. Pengaruh Celebrity Endorser dan Kualitas Produk Tehadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merek Pada Kosmetik Wardah di Kota Semarang. Manajement  Analysis Journal. 4 (2) (2015)

 

Ali Hasan.2008. Marketing. Media Utama, Jogjakarta.

 

C. Mowen, John. Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta: Erlangga.

 

Firrinadewi, Erna. 2008. Merek dan Psikologi Konsumen: Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

 

Huda, Nurul. (2012). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Motor Scooter Matic Yamaha di Makassar. Universitas Hasanuddin. Reporsitory.unhas.ac.id.

 

Kotler, dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga

 

Kotler, Philip (2006). Manajejemn Pemasaran, Edisi Pertama. Indonesia: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

 

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid I. Jakarta: Erlangga.

 

Kotler, Philip dan Keller,2007, Manajemen Pemasaran, Jilid I, edisi kedua belas, PT. Indeks, Jakarta.

 

Kotler, Phillip dan Kevin L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Jilid 2. Jakarta: PT Indeks.

Kotler,Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa Indonesia. Jilid 1 dan 2. Jakarta : Erlangga.

 

Kottler dan Amstromg. 2015. Principles of Marketing fifteenth edition.

 

Kottler, Phillip, dan Kevin Lane Keller, 2008. Manajemen Pemasaran, Edisi13, Erlangga, Jakarta.

 

Parengkuan, Valentino, dkk. (2014). Analisis Pengaruh Brand Image dan Celebrity Endorsement terhadap Keputusan Pembelian Produk Shampoo Head and Shoulders di 24 Mart Manado. Jurnal EMBA Universitas Sam Ratulangi Manado. Vol.3, No.2. Hal 1792-1802.

 

Roslina. (2010). Citra Merek: Dimensi, Proses Serta Pengukurannya. Jurnal Bisnis dan Manajemen, vol.6 no.3, Mei 2010. tersedia: http://ken-merek.blogspot.co.id/2011/05/citra-merek-dimensi-proses-pengembangan.html. Diakses tanggal 5 April 2018.

 

Schiffman dan Kanuk.2007. Perilaku konsumen. Edisi Kedua. Jakarta: PT.Indeks Gramedia.

 

Sciffman dan Kanuk, 2011, Perilaku Konsumen, Indeks. Company, Jakarta.

 

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

 

Sumarwan, Ujang. 2014. Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.

Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi ketiga, Andi, Yogyakarta.

 

Ujang Sumarwan. 2004. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia.

 

Wulandari dan Nurcahya (2015). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image, Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Clear Shampoo di Kota Denpasar.


PUBLISHED

2018-08-24

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI