ABSTRAK
Aan Noer Adhiparna: Analisis Faktor Harga, Brand Image dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Transportasi GO-JEK Kediri (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri), Skripsi, Manajemen, FE UN PGRI Kediri
Penelitian ini dilatar belakangi bahwa dalam kepuasan konsumen jasa transportasi banyak faktor yang mempengaruhinya untuk meningkatkan kepuasan konsumen. Mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri misalnya, banyak keluhan mengenai harga yang terlalu mahal, citra merek yang negatife membuat konsumen kurang puas, serta pelayanan yang kurang memuaskan.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui dan menganalisis pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen jasa trasnportasi GO-JEK Kediri pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri. (2) Mengetahui dan menganalisis pengaruh brand image terhadap kepuasan konsumen jasa trasnportasi GO-JEK pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri. (3) Mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen jasa transportasi GO-JEK pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri. (4) Mengetahui dan menganalisis pengaruh harga, brand image dan kualitas pelayanan secara parsial terhadap kepuasan konsumen jasa trasnportasi GO-JEK pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian asosiatif yang bersifat kausal. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah 40 mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri angkatan 2014 yang pernah menggunakan jasa transportasi GO-JEK. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan software SPSS for windows versi 23.0.
Kesimpulan hasil dari penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh signifikan harga terhadap kepuasan konsumen jasa transportasi GO-JEK Kediri pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri. (2) Ada pengaruh signifikan brand image terhadap kepuasan konsumen jasa transportasi GO-JEK Kediri pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri. (3) Ada pengaruh signifikan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen jasa transportasi GO-JEK Kediri pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri. (4) Ada pengaruh signifikan harga, brand image dan kualitas pelayanan secara simultan terhadap kepuasan konsumen jasa transportasi GO-JEK Kediri pada mahasiswa Fakultas Ekonomi UN PGRI Kediri.
Kata kunci: harga, brand image, kualitas pelayanan dan kepuasan konsumen
Adam, Muhammad. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
____________.2016. Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa.Bandung: Alfabeta.
Diapinsa Gema Zakaria. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan, (online), 6:4, tersedia: (https://ejournal.stiesia.ac.id/jirm/article/download/3061/2597), diunduh tanggal 25 maret 2018.
Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Edisi Ketujuh. Semarang: Universitas Diponegoro.
Gunawan, Herry, 2014. Pengantar Transportasi Dan Logistik. Jakarta: PT. Rajawali Pers.
Haryono, Endang Wahyuni dan Danang Darunanto. 2016. Analisis Pengaruh Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. DMS TOUR AND TRAVEL. Dalam Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi Dan Logistik, (online), 2:2, tersedia: (http://library.stmt-trisakti.ac.id/jurnal/index.php/JMBTL/article/viewFile/47/51) diunduh tanggal 25 maret 2018.
Ismail, Muhammad. 2012. Strategi Pemasaran Untuk Membangun Citra dan Loyalitas Merek. Bogor: PT. Penerbit IPB Press.
Irawan, Handi. 2009. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elek Media Komputindo.
Kho, Dessy Prayogo, Fransisca Andreani (2014). “Pengaruh Brand Image Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan Persepsi Nilai Sebagai Variabel Perantara DI TX TRAVEL SURABAYA. tersedia: (https://media.neliti.com/media/publications/85765-ID-pengaruh-brand-image-terhadap-kepuasan-p.pdf), diunduh tanggal 25 maret 2018
Kotler, Philip. 2008. Prinsip – Prinsip Pemasaran, Edisi Kesebelas. Jakarta: Erlangga.
____________& Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Terjemahan Bob Sabran. Edisi ke 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
___________ & Amstrong, Gary. 2012. Prinsip-prinsip pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manejemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
_______________. 2016. Manejemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Nafisa Choirul Mar’ati. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Ojek Online (STUDI PADA KONSUMEN GOJEK DI SURABAYA). Tersedia: (http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/15757/14293 ), diunduh tanggal 25 maret 2018.
Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Shandy Ibnu Zakaria, Sri Rahayu Tri Astuti. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Terhadap Pengguna Jasa. (online), 2:3, tersedia: (http://eprints.undip.ac.id/39931/1/ZAKARIA.pdf) , diunduh tanggal 25 maret 2018.
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran. Yogjakarta: C.V Andi Offset.
Sugiyono. 2015. Metode penelitian kuantitaif, kualitatif, dn R&D. Bandung: Alafabeta.
_______. 2017. Metode penelitian kuantitaif, kualitatif, dn R&D. Bandung: Alafabeta.
Tjiptono, Fandy. 2012. Stategi Pemasaran, Edisi Ketiga: Yogjakarta: Andi
____________. 2014.Pemasaran Jasa, Prinsip, Penerapan dan Penelitian. Yogjakarta: Andi
___________. 2015. Brand Manajemen & Strategy. Yogjakarta: Andi
Yamit, Zulian. 2010. Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Vol. Edisi Pertama. Yogjakarta: EKONISIA.