Determinan Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Foodcourt Agrowisata Istana Jambu Grogol Kediri


Author (Penulis)

FIRDA TRI SETYOWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0388

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan dunia bisnis Agrowisata dan kuliner makanan sebagai pilihan tempat berwisata dan semakin tingginya persaingan antar pelaku bisnis untuk menarik konsumen membeli produk yang ditawarkan. Beraneka ragam jenis bisnis dibidang Agrowisata semakin bertambah, kondisi ini menuntut setiap pelaku usaha untuk berusaha keras berinovasi, kreatif menciptakan dan mengembangkan produk yang ditawarkan dan dijual sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh yang signifikan antara harga terhadap kepuasan konsumen pada Foodcourt Agrowisata Istana Jambu Grogol. (2) Pengaruh yang signifikan kualitas produk terhadap kepuasan konsumen pada Foodcourt Agrowisata Istana Jambu Grogol. (3) Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen pada Foodcourt Agrowisata Istana Jambu Grogol. (4) Pengaruh yang signifikan antara harga, kualitas produk dan kualitas layanan secara simultan terhadap kepuasan konsumen pada Foodcourt Agrowisata Istana Jambu Grogol.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik penelitian ini bersifat kausal. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 40 responden. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Harga(X1), Kualitas produk(X2), Kualitas layanan(X3), dan Kepuasan konsumen(Y) sebagai variabel terikat. Penganalisisan data menggunakan regresi linier berganda dengan software SPSS for windows versi 20.

Kesimpulan dari penelitian ini, yaitu: (1) Harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Foodcourt Agrowisata Istana Jambu Grogol. (2) Kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Foodcourt Agrowisata Istana Jambu Grogol. (3) Kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen pada Foodcourt Agrowisata Istana Jambu Grogol. (4) Harga, kualitas produk dan kualitas layanan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada Foodcourt Agrowisata Istana Jambu Grogol.

 

 

KATA KUNCI  : Harga, Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Kepuasan Konsumen.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Daryanto, Ismanto. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta. Gava Media.

Ghozali. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Semarang. Undip.

Hermawan dan Saputri. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Bebek H.Slamet Jakarta Selatan. Ilmu Administrasi Bisnis.

Kotler, Philip and Keller, Kevin Lane. 2012. Marketing Management 14th edition. New Jersey:Prentice.

Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 3. Jakarta:Salemba Empat.

Rostya, Adi dan Yoestini, 2012. Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi kasus pada Waroeng Spesial Sambal Cabang Lampersari Semarang). Diponegoro Bussiness Review Vol.1, No.1.

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta. Cv Andi Offset.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta:Pustaka Baru Press.

Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran Edisi 4. Yogyakarta. Cv.Andi Offset.

Tjiptono. 2016. Service, Quality & Satisfaction Edisi 4. Yogyakarta. Cv. Andi Offset.

Violita Cynthia. 2017. Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Depot Madiun Masakan Khas Bu Rudy. Surabaya. AGORA. Vol.5, No.1.

Widjoyo Shandy dan Semuel Hatane, Ritzky. 2014. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol. 2, No.1: 1-9.

Wijaya. 2011. Manajemen Kualitas Jasa Desain Servqual, QFD, dan Kano Disertai Contoh Aplikasi dalam kasus penelitian. Jakarta Barat. Pt Indeks.


PUBLISHED

2018-08-07

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI