Analisis Lokasi, Merchandising, dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian di Surya Swalayan


Author (Penulis)

DIANA NUR KOLIDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0387

Abstract

ABSTRAK

 

Ritel modern dalam skala kecil maupun besar membutuhkan kesiapan pengelolaan dalam segala bidang. Dalam hal ini penting bagi peritel untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan manajerialnya agar mempunyai kemampuan bertahan di dalam persaingan. Untuk terus berjalan dan memenangkan persaingan, maka perbaikan dan peningkatan bidang pemasaran sudah seharusnya dilakukan oleh peritel.

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) Pengaruh signifikan lokasi terhadap keputusan pembelian di Surya Swalayan Bulawen Banyakan Kediri. (2) Pengaruh signifikan merchandising terhadap keputusan pembelian di Surya Swalayan Bulawen Banyakan Kediri. (3) Pengaruh signifikan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di Surya Swalayan Bulawen Banyakan Kediri. (4) Pengaruh lokasi, merchandising, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian di Surya Swalayan Bulawen Banyakan Kediri.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan berupa causal research (riset kausal). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konsumen yang pernah berkunjung dan melakukan pembelian di Surya Swalayan Bulawen Kediri yang jumlahnya tidak terdefinisi dengan pasti. Sampel yang digunakan berjumlah 40 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling insidental. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS for windows versi 21.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Lokasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Surya Swalayan Bulawen Banyakan Kediri. (2) Merchandising berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Surya Swalayan Bulawen Banyakan Kediri. (3) Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Surya Swalayan Bulawen Banyakan Kediri. (4) Lokasi, merchandising, dan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian di Surya Swalayan Bulawen Banyakan Kediri.

Implikasi praktis dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan input bagi Surya Swalayan dalam menyusun dan menetapkan strategi penjualan yang tepat dengan jalan mengoptimalkan ketiga variabel yang telah diteliti sebagai upaya meningkatkan keputusan pembelian. Saran yang dapat diberikan untuk Surya Swalayan hendaknya memperbaiki faktor-faktor yang menjadi kelemahan di Surya Swalayan, dan mempertahankan juga meningkatkan faktor-faktor yang menjadi keunggulan bisnisnya.

 

KATA KUNCI  : Keputusan Pembelian, Lokasi, Merchandising, dan Kualitas Pelayanan.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Afifudin. 2016. Pengaruh Lokasi, Promosi, dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen di Wisata Bahari Lamongan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Volume 5, Nomor 12, Desember 2016. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

 

Foster, Bob. 2008. Manajemen Ritel. Bandung: Alfabeta.

 

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 9. Semarang: Universitas Diponegoro.

 

Istijanto, M.M., M.Com. 2009. Aplikasi Praktis Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama (Online) tersedia https://books.google.co.id/books?isbn=9792214313 diakses 20 April 2018.

 

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

 

Marlina, Rini. 2013. Pengaruh Merchandise, Retail Service, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Iin Swalayan Cabang Jln. Soekarno Hatta Pekanbaru. Skripsi. Dipublikasikan. Pekanbaru: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru

 

Nur Cahyani, Dian., Saryadi dan Widiartanto. 2014. Pengaruh Store Planning, Merchandising dan Keragaman Produk terhadap Keputusan Pembelian di Toko Buku Gramedia (Studi Kasus Pada Konsumen Toko Buku Gramedia Pandanaran Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro.

 

Rachman, Fatchur. 2014. Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, dan Lokasi terhadap Kepuasan Pelanggan Auto 2000 Sungkono Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol. 3 No. 11. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

 

Sopiah dan Syihabudin. 2008. Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

ST  Sujana, Asep. 2012. Manajemen Minimarket. Jakarta: Raih Asa Sukses (Penebar Swadaya Grup). (Online) tersedia https://books.google.com/books?isbn=9790131704 diakses 20 April 2018.

 

Sugiyono, Prof. Dr. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Cetakan ke-22. Bandung: Alfabeta.

 

Sugiyono, Prof. Dr. 2016. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

 

Sunyoto, Danang. 2015. Manajemen Bisnis Ritel. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

 

Supirman. 2016. Pengaruh Kelengkapan Produk, Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Eramart Sentosa Samarinda. Jurnal Administrasi Bisnis. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman.

 

Suryani, Tatik. 2008. Perilaku Konsumen: Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

 

Tjiptono, Fandy. 2012. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

 

Utami, Christina Whidya. 2008. Manajemen Barang Dagangan Dalam Bisnis Ritel. Malang: Bayumedia Publishing.

 

Utami, Christina Whidya. 2010. Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Edisi ke-2. Jakarta: Salemba Empat.

 

Utami, Christina Whidya. 2017. Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Edisi ke-3. Jakarta: Salemba Empat.

 

Widodo, Tri. 2016. Pengaruh Kelengkapan Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Swalayan Ada Baru di Kota Salatiga). Among Makarti Vol.9 No.17, Juli 2016.

 

Yuliyah, Perin Wulan. 2011. Pengaruh Retail Mix (Bauran Eceran) terhadap Keputusan Pembelian di Toko Buku Diskon Togamas Malang. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Malang: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.


PUBLISHED

2018-08-13

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI