Analisis Variasi produk, Harga, E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Raharja Computer Kediri


Author (Penulis)

YULIAN DWI SAPUTRO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0381

Abstract

ABSTRAK

 

Perkembangan bisnis ritel saat ini semakin lemah. Hal ini dapat membuat persaingan bisnis semakin ketat, karena pemilik usaha ritel dituntut untuk dapat mempertahankan bisnisnya. Salah satunya adalah Toko Raharja Komputer di Kecamatan Pesantren, Kota Kediri. Toko Raharja mempunyai beberapa permasalahan yang muncul pada Toko Raharja seperti pemilihan variasi produk, harga dan E-Commerce. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui dan menganalisis pengaruh variasi produk terhadap keputusan pembelian konsumen pada Toko Raharja, (2) mengetahui dan menganalisis pengaruh harga terhadap keputusan pembelian konsumen pada Toko Raharja, (3) mengetahui dan menganalisis pengaruh E-Commerce terhadap keputusan pembelian konsumen pada Toko Raharja, (4) mengetahui dan menganalisis pengaruh variasi produk, harga dan E-Commerce secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian konsumen pada Toko Raharja.

Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan melalui observasi langsung serta penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitian ini ialah para konsumen Toko Raharja dengan jumlah sampel sejumlah 40 orang. Sampel dipilih menggunakan teknik non-probability sampling dengan teknik sampel yaitu sampling purposive. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinansi, serta pengujian hipotesis (uji t dan uji F).

Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa secara simultan variabel bebas yaitu variasi produk, harga dan E-Commerce berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaitu keputusan pembelian. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa: (1) variasi produk berpengaruh positifdansignifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, (2) harga berpengaruh positifdan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, (3) E-Commerce berpengaruhpositif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Anindya Dwiana Putri, Sri Rahayu Tri Astuti. 2017. Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Keputusan pembelian Ulang Konsumen.

Denni Ardyanto, Heru Susilo, Riyadi. 2015. Pengaruh Kemudahan Dan Kepercayaan Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online. Jurnal JAB. Tersedia: https://media.neliti.com/media/publications/85897-ID-pengaruh-kemudahan-dan-kepercayaan-mengg.pdf.Diunduh 12 Mei 2018.

Ahmad Yulizar, Dra. Apriatni EP, M.Si. 2015. Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merek Acer (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fisip Undip Semarang). Tersedia: https://media.neliti.com/media/publications/190082-ID-pengaruh-harga-dan-promosi-terhadap-kepu.pdf.Diunduh 12 Mei 2018.

Dalihade, Meigie Putri, dkk. 2017. Pengaruh Potongan Harga dan Store Atmosphere terhadap Impulse Buying pada Matahari Departement Store Mega Mall Manado. Jurnal EMBA, (Online) 3: 3538-3549. Tersedia: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/17671.Diunduh 14 April 2018.

Kotler dan Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.

_____, Armstrong. 2008. Prinsip-Prinsip Pemasaran 2. Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

_____, Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip Pemasaran. Edisi13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Nuseir, Arora, Al-Masri & Gharaibeh.2010. Bukti Belanja Online: Sebuah Perspektif Konsumen.

Sartika Kurniali. 2012. Pengaruh Internet Marketing Terhadap Brand Dan Kinerja Pada Universitas Swasta Di Jakarta Barat.

Suci Dwi Puspita, Taslim, Anita Fitriani. 2014. Pengaruh harga, variasi produk, dan citra merek terhadap Keputusan Pembelian yoghurt pada PT. Insan Muda Berdikari.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Cetakan ke-22. Bandung: Alfabeta.

Tarakanita, Indah. 2015. Pengaruh Harga, Pelayanan dan Hargayang Nyaman terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Mint Delta Plaza Surabaya. Skripsi. Surabaya: FE Universitas Wijaya Putra.

Utami, Christina Widya. 2017. Manajemen Ritel: Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Edisi 3. Jakarta: Salemba Empat.


PUBLISHED

2018-08-23

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI