ABSTRAK
Minat masyarakat terlebih minat generasi muda untuk memiliki karier yang baik dapat mendorong berdirinya banyak perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, sehingga dapat menimbulkan adanya persaingan yang ketat antarperguruan tinggi. Calon mahasiswa sebelum menentukan dan memilih perguruan tinggi yang paling diminati harus melalui proses pengambilan keputusan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh signifikan produk terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah di STIKes Surya Mitra Husada Kediri. (2) Pengaruh signifikan harga terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah di STIKes Surya Mitra Husada Kediri. (3) Pengaruh signifikan promosi terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah di STIKes Surya Mitra Husada Kediri. (4) Pengaruh secara simultan produk, harga, dan promosi terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah di STIKes Surya Mitra Husada Kediri.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan jumlah sebanyak 40 responden. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis dengan bantuan program SPSS For Windows Versi 23.
Hasil dari penelitian ini adalah (1)Produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah di STIKes Surya Mitra Husada Kediri. (2) Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah di STIKes Surya Mitra Husada Kediri. (3) Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah di STIKes Surya Mitra Husada Kediri. (4) Secara simultan produk, harga, dan promosi berpengaruh terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah di STIKes Surya Mitra Husada Kediri.
Kata Kunci : Produk, Harga, Promosi, Keputusan Pembelian
DAFTAR PUSTAKA
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ghozali, I. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: BP. UNDIP.
Handayani, Asih. 2010. Analisis Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Program Studi (Studi di Fakultas Ekonomi Universitas Bojonegoro).
Kotler, P., & K. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi Ketiga Belas Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Nugroho, Setiadi. 2008. Perilaku Konsumen. Cetakan Ketiga. Kencana. Jakarta.
Prasetyo, Bambang & Lina Miftahul Jannah. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan Aplikasi. Jakarta: Penerbit PT.Raja Grafindo Persada.
PERATURAN MENTERI RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 32 TAHUN 2016 TENTANG AKREDITASI
PROGRAM STUDI DAN PERGURUAN TINGGI
Rangkuti, F. 2005. Marketing Analisis Model Easy. Teknik Analisis Pemasaran dan Analisis Kasus Menggunakan Excel dan SPSS. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Santoso & Ashari. 2001. SPSS Versi 10: Mengelola Data Statistik Secara Profesional. Jakarta: Alek Media Komputindo.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, BA., Drs., Ed.S., Ph. D. Sumadi. 2006. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sunyoto, Drs. Danang. 2013. Ekonomi Manajerial Konsep Terapan Bisnis. Cetakan pertama. Jakarta : PT. Buku Seru.
Swastha, Basu & Handoko, Hani. 2011. Manajemen Pemasaran-Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta. BPFE
Tan, Wijaya. 2011. Manajemen Kualitas Jasa. Edisi 1. Indeks. Jakarta.
Tjiptono, F. 2012.Strategi Pemasaran. Edisi Kedua, Penerbit Andi Offset, Yogya.
Umar, H. 2004. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Yazid. 2005. Pemasaran Jasa Konsep dan Implementasi. Edisi Kedua Cetakan Ketiga. Yoyakarta. : Ekonisia
https://kemenag.go.id/file/dokumen/UU2003.pdf
http://eprints.polsri.ac.id/791/3/BAB%20II.pdf
http://eprints.rclis.org/29798/3/BAB%20III%20SKRIPSI%20ISMA.pdf.
stikesstrada.ac.id