Perumusan Strategi Bersaing Menggunakan Penerapan Analisis Swot (Pada Ayee Cafe)


Author (Penulis)

MUHAMMAD RIFA'I
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0372

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pergeseran budaya yang membuat keberadaan coffee shop semakin diakui masyarakat. Akibatnya semakin banyak usaha yang bergelut pada bidang yang sama, mengharuskan Ayee Café memiliki strategi bersaing. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana identifikasi kekuatan yang dimiliki oleh Ayee Café? (2) Bagaimana identifikasi kelemahan Ayee Café dalam persaingan usaha? (3) Bagaimana identifikasi peluang yang dimiliki oleh Ayee Café untuk mengembangkan usahanya? (4) Bagaimana identifikasi ancaman yang dapat menjadi penghambat Ayee Café untuk berkembang? (5) Bagaimana penentuan Strategi menggunakan Matriks SWOT?. Penelitian dilakukan menggunakan metode deskriptif dengan analisa data kualitatif. Metode-metode deskriptif memusatkan perhatian pada masalah – masalah atau fenomena yang ada pada saat berlangsungnya penelitian atau bersifat aktual, kemudian menggambarkan fakta-fakta tentang masalah yang diselidiki sebagaimana adanya dan diiringi dengan rasional yang akurat. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan SWOT analisis yaitu sebuah alat untuk mengklasifikasikan posisi perusahaan dan menentukan strategi pemasaran yang sesuai dengan lingkungannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat ini Ayee Café masih memimpin pasar dengan memusatkan strategi pada kualitas pelayanan yang baik. Analisis SWOT menunjukkan posisi Ayee Café berada pada Kuadran I yang berarti Ayee Café memiliki kekuatan internal perusahaan dan peluang lingkungan yang besar, maka strategi yang sesuai untuk digunakan adalah strategi agresif untuk memaksimalkan kekuatan internal dan eksternal perusahaan.

 

Kata Kunci : analsisis SWOT, strategi bersaing, peluang.

 

Abstract

 

This event will be based on research by the cultural shift that makes the existence of the coffee shop is increasingly recognized in society. As a result more and more businesses are struggling in the same field, requires Ayee Café have a strategy to compete. This is a research problem (1) how to identify power owned by Ayee Café? (2) how to identify weaknesses Ayee Café in business competition? (3) how to identify opportunities owned by Ayee Café to develop his business? (4) how to identify threats that may be a barrier to Ayee Café to thrive? (5) How the determination of the Strategy using SWOT Matrix?. Research done using descriptive methods with qualitative data analysis. Descriptive methods focusing on the problem – an issue or phenomenon that existed at the time the research or are actual, later describing the facts of the problem investigated as such and accompanied by rational are accurate. The approach was conducted in this research is the SWOT analysis approach that is a tool to classify the position of the company and determine the appropriate marketing strategy with its environment. The results showed that the current market leading Ayee Café is still a strategy by concentrating on the quality of service is good. SWOT analysis shows the position of the Ayee Café is at the I Quadrant meaning internal strength Café Ayee company and environmental opportunities were great, then the appropriate strategy to use is an aggressive strategy for maximizing strength internal and external company.

 

Keywords: analsisis SWOT, strategy, competitive, opportunities.


Keyword

a

Reference

Afrillita, N. (2013). ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN SEPEDA MOTOR PADA PT. SAMEKARINDO INDAH DI SAMARINDA. eJournal Administrasi Bisnis 2013, 56-70.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Jakarta.

Fauji, D. A. (2017). MODEL ADOL - TITIP : SEBUAH UPAYA WIN - WIN SOLUTION BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PELAKU USAHA MIKRO DI KOTA KEDIRI. Seminar Nasional & Call For Paper, FEB Unikama "Peningkatan Ketahanan Ekonomi Nasional Dalam Rangka Menghadapi Persaingan Global, 316.

Jayanti, D. (2011). Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing Pada Hotel Cherry Pink KH.Wahid Hasyim Medan. Program Studi Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Sumatra Utara Medan.

Kemal, I., & Rahmattullah. (2015). Analisis SWOT Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Bina Bangsa Getsempena Banda Aceh. Isthifa Kemal dan Rahmatullah, Analisis SWOT, 122.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kurniani, A. T., & Priansa, D. J. (2017). ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN (STUDI KASUS PADA PRODUK INDIHOME PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA WITEL SOLO). e-Proceeding of Applied Science : Vol.3, No.2 Agustus 2017, 513-520.

Moleong, L. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Prawitasari, S. Y. (2010). ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR PERUMUSAN STRATEGI PEMASARAN BERDAYA SAING (Studi pada Dealer Honda Tunggul Sakti di Semarang). Program Studi Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Diponegoro Semarang.

Rangkuti, F. (2017). ANALISIS SWOT : teknik Membedah Kasus Bisnis Cara Perhitungan Bobot, Rating, dan OCAI. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Rochman, N. T. (2011). Analysis of Indonesian Agroindustry Competitiveness in Nanotechnology Development PerspectiveUsing SWOT-AHP Method. International Journal of Business and Management , 235.

Santoso, B. P. (2015). ANALISIS SWOT DALAM MENENTUKAN STRATEGI PEMASARAN BISNIS INDOMARET (Studi kasus pada Indomaret cabang Pabelan). ARTIKEL PUBLIKASI ILMIAH, Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Setyawan, R. (2015). Penerapan Analisis SWOT Sebagai Landasan Merumuskan Strategi Pemasaran Usaha Jasa Sewa Mobil “AMAN-AMIN” Transport Tours and Travel Ambarketawang Sleman Yogyakarta. SKRIPSI, Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Siagian, S. P. (2010). Manajemen Strategik. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanto, H. (2018, April 20). Café Memiliki Fasilitas Wifi. (M. Rifa'i, Interviewer)

Utomo, M. Y. (2015). ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR PENENTU STRATEGI BERSAING RADIO SUARA SALATIGA. SKRIPSI.

Yuliantari, K. (2017). SWOT dalam Menentukan Strategi Pemasaran pada. Widya Cipta Vol I No. 1 Maret 2017, 92.

Yusuf, M., & Utomo, H. (2015). Analisis SWOT Sebagai Dasar Penentu Strategi Bersaing Radio Suara Salatiga. GRADUASI Vol. 34, No. 2, November 2015, 101-112.


PUBLISHED

2018-08-17

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI