PENGARUH FITUR LAYANAN, PROMOSI, KUALITAS LAYANAN DAN KARAKTERISTIK INDIVIDU TERHADAP LOYALITAS NASABAH DALAM BERTRANSAKSI MENGGUNAKAN INTERNET BANKING DI BANK CENTRAL ASIA KANTOR CABANG UTAMA KEDIRI


Author (Penulis)

ERINA PUTRI HASNAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0363

Abstract

ABSTRAK
Dunia bisnis tidak pernah lepas dari perubahan dan perkembangan. Dengan 
berkembangnya dunia bisnis, iklimipersaingan pun semakin ketat. Perkembangan dari 
teknologi yang dimaksud adalah internet (interconnection networking). Salah satu bentuk 
aplikasi dari perkembangan internet yang mulai ramai digunakan yanitu Internet Banking. 
Perbaikan di Indonesia sekarang ini sedang berlomba-limba dalam kemajuan dibidang 
tehnologi. Salahisatu bank komersial di Indonesiauyang mengimplementasikan penggunaan 
sistem internet banking pada layanan jasakperbankan market leader pada pasar internet 
banking adalah Bank Central Asia (BCA). Dalam hal ini peneliti mengambil 3 variabel yang 
diperkirakan memiliki pengaruh penting dalam loyalitas nasabah yaitu fitur layanan, promosi, 
pelayanan dan karakteristik individu.
Tujuanupenelitian ini untuksmengetahui pengaruh variabel fitur layanan, promosi 
pelayanan dan karakteristik individu terhadap loyalitas nasabah Bank Central Asia Kantor 
Cabang Utama Kediri dalam bertranksaksi melalui internet banking. Secara parsial, simultan 
dan dominan. Populasi yang digunakan adalahiseluruh nasabah Bank Central Asia Kantor 
Cabang Utama Mandiri. Metodespengumpulan data menggunakan kuesioner dengan 
responden sebanyak 50 orang. Tehnik pengambilanisampel menggunakan purposive 
sampling. Serta metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitianumenunjukkan bahwa fitur layanan, promosi, kualitas layanan dan 
karakteristik individu berpengaruhosignifikan terhadapiloyalitas nasabah. Secara simultan 
variabel fitur layanan, promosi, kualitas layanan dan karakteristik individu terhadap loyalitas 
nasabah pengguna internet banking BCA pada nasabah BCA KCU Kediri. Variabel yang 
dominan adalah karakteristik individu.
KATA KUNCI : Fitur Layanan, Promosi, Kualitas Layanan, Karakteristik Individu daniLoyalitas nasabah 


Keyword

FITUR LAYANAN, PROMOSI, KUALITAS LAYANAN, KARAKTERISTIK INDIVIDU, DAN LOYALITAS NASABAH

Reference

DAFTAR PUSTAKA
Bilson Simamora. 2003. Panduan Riset 
Perilaku Konsumen. Penerbit PT. 
ramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Chopipah, Fifip. 2013. “Pengaruh 
Kualitas Layanan Internet Banking 
KlikBCA Terhadap Kepuasan 
Nasabah”. Skripsi. Universitas 
Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 
Jakarta.
repository.uinjkt.ac.id/.../Fifip%20
Chopipah%20O.NIM%20%20108
081000030.pdf, diakses 25 
November 2017, Pukul 7.40 WIB
Cooper,R.Donald dan Emory, WilliamC. 
1996. Metode penelitian bisnis. 
edisi 5, jilid 1, Erlangga, Jakarta.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis 
Multivariate Dengan Program 
SPSS. Badan Penerbit Undip. 
Semarang.
Kotler, Philip. 2002. Manajemen 
Pemasaran, Analisa perencanaan, 
Implementasi dan control. Edisi 
Kesembilan, Jilid 1 dan jilid 2. 
Jakarta. Prehalindo. alih bahasa 
oleh Hendra Teguh S.E.,A.K., dan 
Ronny A. Rusli, S.E.
Kotler, Philip. 2002. Marketing 
Management. Millenium Edition 
North Western University New 
Jersey, Prentice Hall Inc.
Lovelock, Christopher. 2001. Service 
Marketing; People, Technology, 
Strategy. 4th Edition, Prentice 
Hall. Upper Sadle River. New 
Jersey.
Lupiyoadi, Hamdani. 2006. Manajemen 
Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. 
Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur 
penelitian suatu pendekatan 
praktek. PT Rineka. Cipta


PUBLISHED

2019-02-22

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade