ABSTRAK
Dunia bisnis tidak pernah lepas dari perubahan dan perkembangan. Dengan
berkembangnya dunia bisnis, iklimipersaingan pun semakin ketat. Perkembangan dari
teknologi yang dimaksud adalah internet (interconnection networking). Salah satu bentuk
aplikasi dari perkembangan internet yang mulai ramai digunakan yanitu Internet Banking.
Perbaikan di Indonesia sekarang ini sedang berlomba-limba dalam kemajuan dibidang
tehnologi. Salahisatu bank komersial di Indonesiauyang mengimplementasikan penggunaan
sistem internet banking pada layanan jasakperbankan market leader pada pasar internet
banking adalah Bank Central Asia (BCA). Dalam hal ini peneliti mengambil 3 variabel yang
diperkirakan memiliki pengaruh penting dalam loyalitas nasabah yaitu fitur layanan, promosi,
pelayanan dan karakteristik individu.
Tujuanupenelitian ini untuksmengetahui pengaruh variabel fitur layanan, promosi
pelayanan dan karakteristik individu terhadap loyalitas nasabah Bank Central Asia Kantor
Cabang Utama Kediri dalam bertranksaksi melalui internet banking. Secara parsial, simultan
dan dominan. Populasi yang digunakan adalahiseluruh nasabah Bank Central Asia Kantor
Cabang Utama Mandiri. Metodespengumpulan data menggunakan kuesioner dengan
responden sebanyak 50 orang. Tehnik pengambilanisampel menggunakan purposive
sampling. Serta metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitianumenunjukkan bahwa fitur layanan, promosi, kualitas layanan dan
karakteristik individu berpengaruhosignifikan terhadapiloyalitas nasabah. Secara simultan
variabel fitur layanan, promosi, kualitas layanan dan karakteristik individu terhadap loyalitas
nasabah pengguna internet banking BCA pada nasabah BCA KCU Kediri. Variabel yang
dominan adalah karakteristik individu.
KATA KUNCI : Fitur Layanan, Promosi, Kualitas Layanan, Karakteristik Individu daniLoyalitas nasabah
DAFTAR PUSTAKA
Bilson Simamora. 2003. Panduan Riset
Perilaku Konsumen. Penerbit PT.
ramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Chopipah, Fifip. 2013. “Pengaruh
Kualitas Layanan Internet Banking
KlikBCA Terhadap Kepuasan
Nasabah”. Skripsi. Universitas
Islam Negeri Syarif Hidayatullah,
Jakarta.
repository.uinjkt.ac.id/.../Fifip%20
Chopipah%20O.NIM%20%20108
081000030.pdf, diakses 25
November 2017, Pukul 7.40 WIB
Cooper,R.Donald dan Emory, WilliamC.
1996. Metode penelitian bisnis.
edisi 5, jilid 1, Erlangga, Jakarta.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis
Multivariate Dengan Program
SPSS. Badan Penerbit Undip.
Semarang.
Kotler, Philip. 2002. Manajemen
Pemasaran, Analisa perencanaan,
Implementasi dan control. Edisi
Kesembilan, Jilid 1 dan jilid 2.
Jakarta. Prehalindo. alih bahasa
oleh Hendra Teguh S.E.,A.K., dan
Ronny A. Rusli, S.E.
Kotler, Philip. 2002. Marketing
Management. Millenium Edition
North Western University New
Jersey, Prentice Hall Inc.
Lovelock, Christopher. 2001. Service
Marketing; People, Technology,
Strategy. 4th Edition, Prentice
Hall. Upper Sadle River. New
Jersey.
Lupiyoadi, Hamdani. 2006. Manajemen
Pemasaran Jasa. Edisi Kedua.
Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Suharsimi, Arikunto. 2006. Prosedur
penelitian suatu pendekatan
praktek. PT Rineka. Cipta