Ketepatan waktu, kemudahan mendapatkan tiket, dan kenyamanan penerbangan terhadap keputusan pemilihan penerbangan batik air


Author (Penulis)

ARPRASETYO UTOMO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0361

Abstract

Perkembangan bisnis transportasi saat ini semakin meningkat, khususnya transportasi udara. Hal inisdapat membuat persaingan bisnis semakin ketat, karena pemilik usaha tranportasi udara dituntut untuk dapat mempertahankan bisnisnya. Salah satunyasadalah maskapai penerbangan Batiki Air. Batik Airimempunyai beberapa permasalahan yang muncul pada Batik Air seperti ketepatani waktu penerbangan, kemudahanImendapatkan tiket dan kenyamanan penerbangan. Penelitianiini bertujuan untuk: (1) mengetahui dan menganalisis pengaruh ketepatan waktu penerbangan terhadap keputusan pemilihan penerbangan Batik Air, (2) mengetahui dan menganalisis ipengaruhikemudahan mendapatkan tiket terhadap keputusan pemilihan penerbangan Batik Air, (3) mengetahui danimenganalisis pengaruh kenyamanan penerbanganiterhadap keputusan pemilihan penerbangan Batik Air, (4) mengetahui dan menganalisis pengaruh iketepatan waktu penerbangan, kemudahansmendapatkan tiket dan kenyamanan penerbangan secara bersama-samai terhadap keputusan pemilihan penerbangan Batik Air.

Penelitian ini menggunakan teknikspengumpulan data dengan melalui observasi langsung serta penyebaran kuesioner. Populasi dalam penelitianSini adalah para konsumen maskapai Batik Air di Juanda dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Sampel dipilih menggunakan teknik probability sampling dengan teknik sampel yaitu simple random sampling. Metode analisis data yangodigunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linieriberganda, analisis koefisien determinansi, serta pengujian hipotesis (uji t dan uji F).

Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa secara simultan variabel independen yaitu ketepatan waktu, kemudahan mendapatkan tiket dan kenyamanan penerbanganoberpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu keputusan pemilihan penerbangan. Pengujianshipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa: (1) ketepatan waktu berpengaruhipositif dan signifikan terhadapikeputusan pemilihan penerbangan, (2) kemudahan mendapatkan tiket berpengaruh positifidan signifikansterhadap keputusan pemilihan penerbangan, (3) kenyamanan penerbangan berpengaruh positif danisignifikan terhadap keputusan pemilihan penerbangan.


Keyword

Ketepatan waktu penerbangan, kemudahan mendapatkan tiket, kenyamanan penerbangan dan keputusan pembelian

Reference

Alma, Buchari. 2002. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung:   Alfabeta. 

 

Assauri, Sofyan. 2004. Manajemen Pemasaran Dasar, Konsep dan Strategi.     Jakarta: PT. Grafindo Persada. 

 

Bandara. 2012. Kinerja Anggota Inaca 2011. Tahun ke IV. Oktober. Hal 75.

 

Chaffey, et al. 2003. “Analisis Multi Atribut Yang Mempengaruhi Preferensi Belanja Online Produk Tiket Pesawat di Kalangan Mahasiswa UKWMS”.        Dalam jurnal National Conference UKWMS. Surabaya: UKWMS.

          Daniel, Mc Carl. 2001. Pemasaran. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba        Empat.

Departemen Pendidikan Nasional. 2000. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:       Balai Pustaka.

 

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.    Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

 

Indrakusuma, Johanes dan Ellitan, Lena. 2008. “Analisis Multi Atribut Yang Mempengaruhi Preferensi Belanja Online Produk Tiket Pesawat di    Kalangan Mahasiswa UKWMS”. Dalam jurnal National Conference         UKWMS. Surabaya: UKWMS.

 

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Millennium I. Jakarta:         Prenhailindo.

 

Lupiyoadi, R .2006. Manajemen Pemasaran Jasa untuk Teori dan Praktek.       PT.Salemba Emban Patrio: Jakarta.

 

Maduma, Tri, Nawazirul Lubis dan Hari Susanto. 2011. “Pengaruh Kualitas    Pelayanan, Produk dan Harga Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa      Asuransi AJB Bumiputera 1912 Kantor Cabang Eksekutif Semarang”.             Dalam jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. Hal 1–11 Semarang: Universitas     Negeri Diponegoro.

 

Parasuraman, et al. 1985. Pelayanan Pelanggan yang Sempurna. Yogyakarta:   Kunci Ilmu.

 

Rangkuti, F. 2002. Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.  

 

Roberts. 2003. “Analisis Multi Atribut Yang Mempengaruhi Preferensi Belanja           Online Produk Tiket Pesawat di Kalangan Mahasiswa UKWMS”. Dalam        jurnal National Conference UKWMS. Surabaya: UKWMS.

 

Simamora, Henry. 2000. Manajemen Pemasaran Internasional. Jilid 1. Cetakan            Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

 

Tjiptono, Fandy. 1997. Strategi Pemasaran. Edisi Dua. Yogyakarta: Penerbit Andi             Offset.


PUBLISHED

2019-02-20

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade