kajian perilaku konsumen terhadap keputusan pemilihan cafe di cafa chocolata


Author (Penulis)

ANDRE SEPTAYOGA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0355

Abstract

ABSTRAK

 

This research is motivated by the trend among young people who tend to choose a cafe as a place to gather and hang out with peers. Slowly the culture of hanging out at the cafe becomes a lifestyle. With the existence of the cafe owner competing to innovate in various things in order to attract consumers to come and make purchasing decisions.

The purpose of this study are (1) Knowing how the behavior of consumers who visit the Chocolata Cafe? (2) Knowing what factors affect consumers in choosing a cafe?

This research is a type of qualitative research on consumer behavior in the selection of cafes. This study uses methods of observation, interviews, documentation. While the data analysis technique uses qualitative descriptive techniques.

The conclusion of this study is (1) From the results of the study found the results that the behavior of consumers who come to Cafe Chocolata is based on motivation or reason to hang out with friends, look for photo spots and want to enjoy the food menu served at the cafe. (2) The results of further research found the results that consumers visited Cafe Chocolata influenced by location factors, product factors and external factors. The location factor to be considered is because of its strategic location close to highways, kostan, offices and schools. Product factors include food and beverage menu served with good quality at an affordable price plus a large and varied menu. And the external factor that is enforced here is a community event event twice a week

 

.

          Keywords: Consumer Behavior, Perception, Motivation, Purchase Decision

 

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tren dikalangan anak muda yang cenderung memilih cafe sebagai tempat berkumpul dan nongkrong bersama teman-teman sebaya. Perlahan budaya nongkrong di cafe menjadi gaya hidup. Dengan adanya hal tersebut pemilik cafe berlomba-lomba untuk berinovasi dalam berbagai hal demi menarik konsumen untuk datang dan melakukan keputusan pembelian.

Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui bagaimana perilaku konsumen yang berkunjung di Chocolata Cafe? (2) Mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam memilih cafe?

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif pada perilaku konsumen dalam pemilihan cafe.Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan teknik analisa data menggunakan teknik deskriptif kualitatif.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Dari hasil penelitian ditemukan hasil bahwa perilaku konsumen yang datang ke Cafe Chocolata didasarkan motivasi atau alasan untuk nongkrong bersama teman, mencari spot foto dan ingin menikmati menu makanan yang disajikan di cafe tersebut. (2) Hasil penelitian selanjutnya ditemukan hasil bahwa konsumen berkunjung ke Cafe Chocolata dipengaruhi oleh faktor lokasi, faktor produk dan faktor eksternal. Faktor lokasi yang dipertimbangkan adalah karena lokasi yang strategis dekat dengan jalan raya, kostan, kantor dan sekolah. Faktor produk meliputi menu makanan dan minuman yang disajikan memiliki kualitas yang enak dengan harga yang terjangkau ditambah dengan menu yang banyak dan variatif. Dan faktor eksternal yang dimaksut disini adalah adanya event acara komunitas dua kali seminggu.

 

Kata Kunci : Perilaku Konsumen, Persepsi, Motivasi, Keputusan Pembelian.


Keyword

a

Reference

ini.

DAFTAR PUSTAKA

Hartono, Budi. 2011. Perillaku Konsumen dalam Pembelian Bakso di Malang. Buletin Peternakan Vol. 35(2): 137-142, Juni 2011. https://journal.ugm.ac.id/buletinpeternakan/article/view/600

 Khoirunnisa, Esa. 2016. Analisis Perilaku Konsumen dalam Keputusan Pembelian Produk Kaki Naga (Studi Kasus di CV. Bening Jati Anugerah, Kabupaten Bogor). Jurnal Perikanan Kelautan Vol. VII No. 1 /Juni 2016 (66-74).  http://jurnal.unpad.ac.id/jpk/article/view/13942

Fauji, D. A. S. (2017). MODEL ADOL – TITIP : SEBUAH UPAYA WIN – WIN SOLUTION BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PELAKU USAHA MIKRO DI KOTA KEDIRI. Seminar Nasional & Call For Paper, FEB Unikama “Peningkatan Ketahanan Ekonomi Nasional Dalam Rangka Menghadapi Persaingan Global,” 320. Retrieved from https://semnas.unikama.ac.id/feb/artikel.php

Kamayanti, 2016. Metodologi Penelitian kualitatif akuntansi religiositas keilmuan. Jakarta selatan,  Ngapurancang.

Kotler, Philip dan Armstrong, Garry. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Jilid I, Erlangga, Jakarta

Kotler, P., & Keller, K. L. (2011). Manajemen Pemasaran. (M. Sabella, Ed.) (Edisi 13 J). Jakarta: Erlangga. Retrieved from www.erlangga.co.id

Lim. 2014. Manajemen pemasaran Jakarta : Rajawali Press

Mandalis. 2009. Penelitian suatu pendekatan proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Maswadi. 2012. Kajian Faktor Kepribadian Perilaku Konsumen terhadap Pembelian Sayur Organik di Supermarket Kota Pontianak. Volume 8, Nomor 1, Februari 2012.         Hal      1–8. http://repository.polnep.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/353/01-Maswadi.pdf?sequence=1

Neolak dan Amos. 2014. Metode Penelitian dan Statistik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

O.Hasbiansyah. 2005. Fenomenologi, Fenomena, Metode riset. Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi , 163.

Putra, D. P. 2014. Persepsi Konsumen Terhadap Produk-produk Lokal Yang Menggunakan Merek Asing.Bengkulu. Universitas Bengkulu.

Sangadji, Etta Mammang. 2016. Salesmanship (kepenjualan). Jakarta: PT Bumi Aksara

Schiffman, Leon G; Leslie, Lazar, Kanuk. 2010. Consumer BehaviorTenth Edition. PearsonEducation

Silva, P. M. 2017. pengaruh persepsi konsumen dan motivasi konsumen terhadap keputusan pembelian polis asuransi. Psikoborneo, ejournal.psikolog.fisip-unmul.ac.id vol 5. no 3 , 443.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D. Bandung: CV AlfaBeta.

Sugiyono, 2017; Metode penelitian, kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung, Alfabeta.

Swastha, Basu dan Irawan. 2008. Manajemen Pemasaran Modern. Edisi II Yogyakarta

 


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 09 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI