ANALISIS KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN BERDASARKAN PERSPEKTIF GENDER PADA CAFE CHOCOLATA BANJARAN KEDIRI


Author (Penulis)

JEKSO INDRA SAMPURNA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0348

Abstract

ABSTRAK

 

This research is based on differences of consumer interest according to Gender between men and women and about consumer behavior in making decision and determination in choosing a decision to spend and spend time in Cafe Chocolata.

The objectives of this study were (1) to know the differences affecting the interest of male and female consumers in the purchase and selection of Cafe Chocolata, (2) to know the factors that significantly influence the time-election behavior in Cafe Chocolata for male consumers. (3) to know the factors that have a significant effect on the behavior of choosing time spent at Cafe Chocolata on female consumers

This study was conducted using a qualitative approach that is done naturally in a natural condition. Consumer research subjects residing in Cafe Chocolata with a total of 6 people consisting of 3 men, and 3 women. And supported by the triangulation of time from interview to informant conducted in the period of May 25, 2018 - May 28, 2018 and done 2 times interview stage, it can be stated that the data obtained can be ascertained its credibility, and the data is certainly valid.

The conclusions of this study are (1) There is a difference in the number of wishes between men and women which become the difference in consumer interest factor in purchasing. (2) In male consumers there are several factors that influence buying interest, and the most striking is the opposite factor of the female type. (3) In female consumers there is a prominent factor yaiu place design factor

 

Keywords: Consumer interest, gender, cafe

 

Penelitian ini dilatar belakangi dengan perbedaan minat konsumen menurut Gender antara laki-laki dan perempuan serta mengenai perilaku konsumen dalam melakukan keputusan dan penentuan dalam memilih suatu keputusan untuk menghabiskan dan meluangkan waktu di Cafe Chocolata.

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui perbedaan yang mempengarui minat konsumen laki-laki dan perempuan dalam pembelian dan pemilihan Cafe Chocolata, (2) mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap perilaku pemilihan tempat menghabiskan waktu di Cafe Chocolata pada konsumen laki-laki. (3) mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap perilaku pemilihan tempat menghabiskan waktu di Cafe Chocolata pada konsumen perempuan

Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan secara naturalistik pada kondisi yang alami. Subyek penelitian konsumen yang berada di Cafe Chocolata dengan jumlah 6 orang yang terdiri dari 3 laki-laki, dan 3 perempuan. Dan didukung dengan triangulasi waktu dari hasil wawancara kepada informan yang dilakukan dalam kurun waktu 25 Mei 2018 – 28 Mei 2018 dan dilakukan 2 kali tahapan wawancara, dapat dinyatakan bahwa data yang diperoleh dapat dipastikan kredibilitasnya, dan datanya dipastikan valid.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Terdapat perbedaan jumlah keinginan antara laki-laki dan perempuan yang menjadi pebedaan faktor minat konsumen dalam pembelian. (2) Pada konsumen laki-laki terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi minat beli, dan yang paling mencolok adalah faktor lawan jenis yaitu perempuan. (3) Pada konsumen perempuan terdapat faktor yang menonjol yaiu faktor desain tempat

 

Kata Kunci : Minat konsumen, gender, cafe


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

 

Aunu, & Rofiq, D. (2013). Teknik Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif. Majalah Ilmiah Pawiyatan, 20 No 1(vol), 83. Retrieved from http://download.portalgarucleda.org/article.php?article=251834&val=6766&title=TEKNIK PENGUMPULANDATAKUALITATIF

Fauji, D. A. S. (2017). MODEL ADOL – TITIP : SEBUAH UPAYA WIN – WIN SOLUTION BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PELAKU USAHA MIKRO DI KOTA KEDIRI. Seminar Nasional & Call For Paper, FEB Unikama “Peningkatan Ketahanan Ekonomi Nasional Dalam Rangka Menghadapi Persaingan Global,” 320. Retrieved from https://semnas.unikama.ac.id/feb/artikel.php

Kotler, P., & Keller, K. L. (2011). Manajemen Pemasaran. (M. Sabella, Ed.) (Edisi 13 J). Jakarta: Erlangga. Retrieved from www.erlangga.co.id

Miranti, S. (2012). PENGARUH PERBEDAAN JENIS KELAMIN TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN PRODUK RAMAH LINGKUNGAN DI JAKARTA. UNIVERSITAS INDONESIA PENGARUH. UNIVERSITAS INDONESIA PENGARUH. Retrieved from http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20298982-T30302-%0ASavira Miranti.pdf    %0A

Rasubala, Meidy A.; Mandey, S. L. (2014). Analisis Perilaku Pelanggan terhadap Tawaran Produk Perhiasan Emas pada PT. Pegadaian (Persero) Cabang Manado Utara. EMBA, Vol. 2 No., 797–806. Retrieved from https://jurnal.usu.ac.id/index.php/ceress/article/%0Aview/10672/4639       %0A

Sugiyono, P. D. (2017). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D (25th ed.). Bandung: ALVABETA, cv. Retrieved from www.cvalfabeta.com

Zaduqisti, E. (2009). STEREOTIPE PERAN GENDER. MUWAZAH, 1, 75–85. Retrieved from http://download.portalgaruda.org/article.%0Aphp?article=251286&val=6754&title=STEREOTIPE%2520PERAN%25%0A20GENDER%2520BAGI%2520PENDIDIKAN%2520ANAK%0A


PUBLISHED

2018-08-21

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI