STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA OLAHAN IKAN DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT PADA KELOMPOK PENGOLAH BINAAN DINAS PERIKANAN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

AHMAD SADID
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0339

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa Analisis SWOT perlu dilakukan untuk mengetahui bagaimana kondisi Internal dan Eksternal suatu kelompok dalam kaitannya menentukan strategi yang tepat untuk pengembangan usaha. Agar kelompok dapat menetukan strategi yang tepat untuk memaksimalkan pemasaran, maka kelompok harus memperhatikan lingkungan internal dan lingkungan eksternal perusahaan.

Fokus Penelitian ini adalah (1) Apa saja faktor lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi strategi kelompok pengolah dan pemasaran ikan Mina Pindang?. (2) Strategi alternatif apa yang efektif bagi kelompok pengolah dan pemasaran ikan Mina Pindang?.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara dan observasi. Informan dari penelitian ini adalah bapak Sigit selaku pembina kelompok, bapak Mujiono selaku ketua kelompok, bapak Kabul selaku bendahara kelompok.

Temuan penelitian ini setelah dilakukan analisis IFE, EFE, IE, dan analisis SWOT adalah sebagai berikut (1) Faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi strategi pengembangan kelompok pengolah dan pemasaran ikan Mina Pindang adalah kurangnya pemahaman anggota kelompok terhadap fungsi-fungsi organisasi dan manajemen pemasaran, (2) maka dari itu peneliti merumuskan strategi alternatif apa yang efektif bagi kelompok pengolah dan pemasaran ikan Mina Pindang diantaranya, mencari donatur untuk penambahan modal agar dapat memperbanyak produksi, membentuk tempat produksi terpadu, melakukan studi panding kepada kelompok lain yang sudah berkembang, pendampingan yang lebih serius dari dinas terkait diantaranya dinas perikanan dan kelautan dan pemerintah daerah.


Keyword

a

Reference

Assauri, S. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Gramedia Pustaka Utama.

David, Fred. R. (2010). Manajemen Strategis. Jakarta: Salemba Empat.

Hunger, J. David , & Wheelen, Thomas L. (2003). Manajemen Strategi. Yogyakarta: Andi.

Hunger, J. David , & Wheelen, Thomas L. (2012). Manajemen Strategis. Yogyakarta: Andi.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Pearce, & Robinson. (2008). Manajemen Strategis : Formulasi, Implemetasi dan pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Rangkuti, Freddy. (2014). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Visnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.h

Supranto, J. (2013). Statistik: Teori dan Aplikasi Edisi Ketujuh Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

dkp.tulungagung. (n.d.). Retrieved Mei 20, 2018, from dkp.tulungagung: http://www.dkp.tulungagung.go.id


PUBLISHED

2018-08-28

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 06 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI