KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MINIMARKET HIKMAHMART DI KECAMATAN NGANCAR DITINJAU DARI DISKON PRODUK, KEBERAGAMAN PRODUK DAN IMPULSE BUYING


Author (Penulis)

SILVY ARVENA BUDI MAYSYAROH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.02.02.0335

Abstract

Perkembangan dunia bisnis terutama bisnis ritel mengalami peningkatan karena perubahan pada perilaku konsumen (belanja mudah dan cepat). Konsumen memiliki berbagai macam keinginan pada pola berbelanja yang akan menjadi tolak ukur yang mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian. Dalam menjalankan usahanya, pemilik bisnis ritel khususnya minimarket harus memahami keinginan dan faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan konsumen agar usahanya tetap bertahan dan dapat bersaing.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah diskon produk, keberagaman produk dan impulse buying berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian pada minimarket Hikmahmart di Desa Manggis Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri.

Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen dari Minimarket Hikmahmart. Dan mempunyai sampel sebanyak 40 responden dengan teknik sampel diambil berdasarkan non probability sampling, dengan menggunakan pendekatan insidental sampling. Penelitian ini bersifat kuantitatif yang menggunakan pendekatan kausalitas.

Kesimpulan dari penelitian ini menyatakan variabel diskon produk, keberagaman produk dan impulse buying secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen pada minimarket Hikmahmart.

 

 

Kata Kunci      : Keputusan Pembelian, Diskon Produk, Keberagaman Produk, Impulse Buying


Keyword

a

Reference

Fahmi, Irham. (2016). Perilaku Konsumen : Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Faridha Anggraeni, Prijati. (2016). Pengaruh Promosi, Diskon Dan Impulse Buying Terhadap Keputusan Pembelian Hypermarket PTC Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Volume 5, Nomor 7, Hal.1-15, tersedia https://ejournal.stiesia.ac.id, diakses pada 15 Oktober 2017.

Fure, Hendra. (2013). Lokasi, Keberagaman Produk, Harga Dan Kualitas Pelayanan Pengaruhnya Terhadap Minat Beli Pada Pasar Tradisional Bersehati Calaca. Jurnal : EMBA. Vol.1, Hal.273-283, tersedia https://media.neliti.com, diakses pada 10 Oktober 2017.

Rizky Y.Z Emor, A. S. (2015). Pengaruh Potongan Harga, Citra Merek Dan Servicescape Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomaret Tanjung Batu. Jurnal : EMBA. Vol.3 No.2 Hal.738-748, tersedia https://media.neliti.com, diakses pada 18 November 2017

Utami, Christina Whidya. (2017). Manajemen Ritel : Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

www.detik.com. Toserba Berguguran, Ini Tips Meningkatkan Penjualan. Diakses pada 17 April 2018.


PUBLISHED

2018-08-20

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI